Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Lingkungan Kerja yang Ramah di Jepang

Kompas.com - 9/Nov/2023, 19:22 WIB
Ilustrasi. Lingkungan kerja yang ramah di Jepang.
Lihat Foto
Ilustrasi. Lingkungan kerja yang ramah di Jepang.

OhayoJepang -  Apa gambaran yang kamu miliki tentang orang Jepang? Ramah? Pendiam? Teliti? Kami berbicara langsung dengan orang Indonesia yang bekerja dan tinggal di Jepang untuk mendapatkan gambaran yang lebih nyata.

Hida, seorang wanita asal Jawa Tengah, bekerja sebagai petugas kebersihan di sebuah gedung perkantoran di pusat kota Tokyo. Dia bekerja dari pukul 6 pagi hingga 3 sore. 

Di antara sekitar 20 rekan kerjanya, ada orang Jepang, Indonesia, dan Nepal. Mereka saling membantu dalam pekerjaan dan menciptakan suasana kerja yang ceria.

Sudah lebih dari satu setengah tahun sejak Hida datang ke Jepang. Namun, dalam beberapa bulan pertama setelah kedatangannya, dia merasa sangat cemas tentang kehidupan dan komunikasi di tempat kerja di Jepang. Meskipun dia telah belajar bahasa Jepang dasar saat masih di Indonesia, belajar bahasa Jepang adalah tantangan besar bagi Hida.

Baca juga: Mengenal Shokuyoku No Aki, Nafsu Makan di Musim Gugur Jepang

Namun, meski dia merasa cemas saat memulai kehidupan baru di Jepang, hal yang paling mengesankan bagi Hida adalah "keramahan” orang Jepang. Di tempat kerjanya, rekan kerja dan atasan yang orang Jepang telah dengan sabar mengajarkan pekerjaannya. 

Mereka menjelaskan istilah-istilah sulit dan bahasa Jepang dengan cara yang mudah dimengerti, berbicara pelan, dan dengan gerakan tangan, sehingga Hida dapat cepat memahami pekerjaannya. Selain itu, Hida sering merasakan "keramahan" dari rekan kerjanya di luar pekerjaan. 

"Atasan saya suka melukis, dan ketika lukisannya dipamerkan di Museum Seni Nasional Tokyo, dia memberi saya dua tiket. Berkat itu, saya bisa menghabiskan waktu yang menyenangkan dengan teman saya. Oh ya, saya juga mendapatkan hadiah lukisan. Dia melukisnya saat liburan panjang. Itu adalah lukisan bunga mawar yang indah,” kata Hida.

Banyak orang yang merasa cemas tentang komunikasi antarbudaya. Meskipun tidak semua perusahaan di Jepang memiliki lingkungan kerja yang sama, tampaknya di Jepang ada lingkungan yang mendukung orang-orang seperti Hida yang berusaha keras dan berani menghadapi tantangan.

Baca juga: ​Tokutei Gino: Perawatan

 

Provided by Karaksa Media Partner (8 November, 2023)

Editor : Redaksi Ohayo Jepang

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.