Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Lakukan Langkah-langkah ini Jika Listrik Padam di Jepang

Kompas.com - 4/Jul/2023, 16:42 WIB
Ilustrasi. Langkah yang harus dilakukan ketika terjadi pemadaman listrik di Jepang.
Lihat Foto
Ilustrasi. Langkah yang harus dilakukan ketika terjadi pemadaman listrik di Jepang.

OhayoJepang - Pemadaman listrik jarang terjadi di Jepang. Meskipun terjadi, pemadaman juga biasanya tidak berlangsung lama. 

Beberapa hal yang menyebabkan pemadaman listrik di Jepang seperti bencana alam angin topan, banjir, dan gempa bumi. Dalam kondisi ini, listrik di seluruh bangunan atau area akan mati. 

Namun jika listrik padam hanya di kamar atau rumahmu, biasanya disebabkan oleh MCB yang turun akibat penggunaan listrik berlebihan atau karena belum membayar tagihan listrik.

Baca juga: 5 Spot Terbaik untuk Melihat Bunga Hydrangea Bermekaran di Jepang

Jangan panik dan cari tahu apa yang harus dilakukan saat listrik padam.

- Pertama-tama, periksa apakah pemadaman listrik hanya terjadi di kamar (rumah) atau apakah pemadaman listrik juga terjadi di seluruh bangunan/area sekitar.

- Jika terjadi pemadaman listrik di seluruh bangunan/area, kemungkinan terjadi pemadaman listrik di seluruh wilayah tempat tinggalmu. Periksa informasi perusahaan tenaga listrik (Operator transmisi dan distribusi listrik) di wilayah tempat tinggal. Hubungi jika diperlukan.

Cek daftar cara dan nomor kontak, serta informasi pemadaman melalui situs berikut ini: https://www.enecho.meti.go.jp/about/special/johoteikyo/teiden_info.html (Bahasa Jepang)

- Jika pemadaman hanya terjadi di kamar (rumah) kamu, kemungkinan MCB turun. Ikut langkah berikut ini untuk mengecek MCB.

Baca juga: Menikmati Keindahan Bunga Matahari di Kiyose Sunflower Festival Tokyo

1. Matikan semua pemutus (=mati)

2. Nyalakan kembali dengan urutan saklar ampere breaker (アンペアブレーカー) (kadang tidak terpasang), lalu saklar arus sisa (soden shadanki/漏電遮断器). (=nyala)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Editor : Dinia Adrianjara

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.