Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tak Perlu Panik, Ikuti Langkah Ini Jika Ponselmu Hilang di Jepang 

Kompas.com - 24/Jun/2023, 15:38 WIB
Jangan panik, lakukan langkah ini jika ponselmu hilang di Jepang
Lihat Foto
Jangan panik, lakukan langkah ini jika ponselmu hilang di Jepang

OhayoJepang - Kehilangan ponsel saat sedang di negeri orang, seperti di Jepang, pasti membuatmu bingung. Selain kendala bahasa, kamu mungkin khawatir tentang data pribadi yang ada di ponsel yang hilang. 

Untungnya, ada sejumlah tindakan yang dapat kamu lakukan sebagai pencegahan maupun setelah kehilangan ponsel untuk meminimalkan risiko datamu disalahgunakan dan membantu menemukan ponselmu.  
 
Berikut adalah beberapa tindakan yang harus dilakukan jika kamu kehilangan ponsel di Jepang. Kamu yang tinggal di Jepang atau hanya bepergian sementara, simak artikel ini ya! 
 
 
1. Tindakan Pendahuluan yang Harus Dilakukan 
 
Tidak ada yang ingin kehilangan ponselnya, karena itu, yang terbaik adalah mempersiapkan kemungkinan jika ponselmu raib. Ada sejumlah langkah awal yang dapat kamu ambil untuk membantu menghindari penyalahgunaan ponselmu oleh orang lain. 
 
Kamu wajib memastikan ponselmu memiliki kata sandi yang kuat atau pengenalan wajah/sidik jari untuk membuka kuncinya.  
 
Langkah ini membantu banget menghindari atau menunda penyalahgunaan data pribadimu, jika ponselmu dicuri. Kamu juga harus memastikan enkripsi data diaktifkan.
 
2. Aktifkan fitur Find My Phone 
 
Langkah lain yang dapat dilakukan untuk membantu menemukan ponselmu jika hilang adalah dengan mengaktifkan fungsi Find My Phone. Uji sebelum bepergian untuk memastikan keakuratannya. 
 
 
Selama ini diaktifkan, kamu seharusnya dapat melacak ponselmu dari komputer atau perangkat lain. 
 
Kamu dapat melihat lokasi tempat ponselmu berada. Jika kemungkinan dekat dengan stasiun kereta api, atau pos polisi, kamu bisa mengunjungi lokasi tersebut dan menjelaskan situasinya kepada staf atau pihak berwenang sehingga kamu bisa menemukan kembali ponselmu. 
 
3. Laporkan ke Lost & Found 
 
Jika ponselmu masih belum bisa ditemukan, kamu juga dapat melaporkan kehilangannya. Tapi kamu harus menjelaskan secara spesifik mengenai kehilangannya hingga lokasi hilangnya ponsel ke kantor polisi. 
 
 
Polisi akan memeriksa barang hilang dan barang yang sudah ditemukan. Jika ada ponselmu, yang sesuai dengan data yang kamu berikan, mereka akan menyerahkannya langsung kepadamu. 
 
Jika belum ditemukan, kamu akan diberi nomor kasus, dan meninggalkan kontak ke polisi untuk mereka hubungi saat ponselmu ditemukan. Prosedur ini serupa saat melaporkan barang hilang di stasiun kereta api juga 
Editor : Dinia Adrianjara

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.