Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Ariake Arena, "Medan Perang Voli Olimpiade 2020", Dibuka untuk Umum

Kompas.com - 14/Feb/2020, 19:50 WIB
Foto udara yang menunjukkan Ariake Arena, lokasi perlombaan voli putra dan putri pada ajang Olimpiade Musim Panas 2020 Tokyo.
Foto udara yang menunjukkan Ariake Arena, lokasi perlombaan voli putra dan putri pada ajang Olimpiade Musim Panas 2020 Tokyo.

OhayoJepang - Ariake Arena, lokasi turnamen bola voli untuk Olimpiade Musim Panas 2020 Tokyo, diresmikan pada Minggu (1/2) dalam sebuah upacara yang memadukan olahraga, kebudayaan, dan hiburan. Lebih dari 3.000 penonton menyaksikan arena baru ini.

Rampung pada Desember lalu, Ariake Arena memiliki desain yang ikonik dengan dengan atap cekung sehingga mengurangi ruang dalam arena untuk meminimalisir kebutuhan AC dan mencegah petir.

Ariake Arena akan menjadi tuan rumah turnamen voli yang melibatkan 12 tim putra dan putri. Akan ada kompetisi voli selama 16 hari. Babak final untuk tim putra diadakan pada 8 Agustus, sementara untuk putri pada 9 Agustus sekaligus hari terakhir Olimpiade.

Anggota timnas putri voli Jepang berlatih pada pembukaan Ariake Arena.
Anggota timnas putri voli Jepang berlatih pada pembukaan Ariake Arena.

Ariake Arena terdiri dari arena utama dan arena cadangan serta memiliki kapasitas 15.000 penonton. Setelah Olimpiade selesai, arena tersebut akan disulap menjadi pusat hiburan, olahraga, dan kebudayaan di Tokyo yang dibuka kembali pada Agustus 2021 dan dikelola oleh Tokyo Ariake Arena Inc., perusahaan bertujuan khusus yang menandatangani perjanjian izin pertama dengan pemerintahan Tokyo.

Tata letak Ariake Arena didasarkan pada "Panduan Aksesibilitas Tokyo 2020" (Tokyo 2020 Accessibility Guidelines), sehingga dirancang untuk dapat diakses oleh semua kalangan, termasuk kaum tua, kaum difabel, orang tua beserta anak, dan mereka dengan anjing pemandu.

Ariake Arena memiliki kamar mandi dengan desain universal dan kursi khusus pengguna kursi roda di area dengan selisih tinggi yang cukup antara baris kursi, agar kaum kursi roda dapat tetap menyaksikan pertandingan dengan jelas walaupun penonton di depan mereka berdiri.

Arena ini juga memiliki panel surya dan pompa panas bumi untuk mengurangi jejak karbon.

Sumber: Japan Today

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.