Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Lewat Codafood X BRBGKLTR, Soto Betawi Jajal Negeri Sakura

Kompas.com - 10/Jan/2020, 09:53 WIB
Ilustrasi: Soto Betawi
Ilustrasi: Soto Betawi

OhayoJepang - Kangen masakan Indonesia, terutama soto betawi, tetapi kamu sedang berada di Jepang? Jangan khawatir! Perusahaan rintisan di bidang makanan asal Indonesia, Codafood, memboyong soto betawi ke Tokyo pada 2020.

Aktor Indonesia sekaligus pendiri BRBGKLTR (Berbagi Kultur) dan Commisioner di Codafood, Herjunot Ali, membocorkan alasan di balik hijrahnya soto betawi ke Jepang.

Ternyata, turis dan warga negara Indonesia di Jepang mengeluhkan sedikitnya akses makanan halal, apalagi yang khas Indonesia. Herjunot, yang telah berwisata ke Jepang beberapa kali, membenarkan hal tersebut.

Kolaborasi BRBGKLTR dengan Codafood bertujuan untuk mempopulerkan masakan Nusantara ke kancah internasional.

Pada dasarnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia menetapkan lima makanan nasional Indonesia yaitu soto, rendang, sate, nasi goreng, dan gado-gado. Namun, dibanding empat lainnya, popularitas soto bisa dibilang redup.

Oleh karena itu, terbesitlah ide untuk membawa soto betawi ke Negeri Sakura.

Jepang menjadi pilihan Herjunot karena aktor tersebut sudah familiar dengan beberapa wilayah di sana, termasuk Tokyo.

Untuk pergi ke Jepang, Codafood harus menyesuaikan aspek soto betawi dengan budaya Jepang, termasuk bahan dan namanya.

Codafood melokalkan “Soto Betawi Bang Rojak” menjadi “Soto Betawi Miyamoto”. Pengubahan nama bertujuan untuk memunculkan “sense of belonging” baik bagi warga Indonesia di Jepang dan warga Jepang.

Prosesnya pun melewati jalan yang panjang nan berliku. Herjunot pun sampai harus ikut tangan dalam proses market assessment serta food tasting. Tahap food tasting dilakukan bersama ekspatriat Jepang; dan setelah beberapa kali percobaan, Codafood berhasil menemukan bahan yang pas untuk soto betawi ala Jepang.

Kamu tidak perlu khawatir tentang autentisitas rasanya. Walaupun bahan Soto Betawi Miyamoto datang dari Jepang, tangan yang meraciknya didatangkan langsung dari Indonesia, tutur CEO Codafood, Albert Christo. Dan lagi, sejarah soto betawi akan dipajang untuk mengedukasi khalayak Jepang.

Tidak perlu menunggu lama. Codafood akan membuka Soto Betawi Miyamoto di Tokyo pada awal kuartal 2020.

(Alfonsus Adiputra/Nabillah Ramadhian/Sumber: Kompas.com)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.