Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Unik, Stempel Pribadi dengan Nama Kanji Kamu

Kompas.com - 11/Jan/2020, 09:25 WIB
Satu set hanko.
Satu set hanko.

OhayoJepang - Di Jepang, dokumen penting atau kontrak membutuhkan “hanko”, stempel pribadi berukirkan nama sang pengguna.

Baca juga: Tinggal di Jepang, Perlukan Punya Cap Inkan Sendiri?

Stempel ini lebih dipergunakan sebagai identifikasi hukum untuk membuka rekening di bank, menandai kontrak kerja baru, atau menjual/membeli rumah.

Namun, kamu boleh saja “mendandani” hanko milikmu sendiri dengan tokoh Pokemon, Sanrio, atau bahkan tokoh idola.

Akan tetapi, terkadang sulit bagi khalayak non-Jepang untuk mendapatkan hanko. Kebanyakan nama belakang Jepang terdiri dari satu hingga tiga karakter dan dapat dimuat dengan mudah di dalam lingkaran stempel. Hal itu sedikit sulit bagi orang asing.

Terlebih lagi, walaupun mengukir nama kamu di hanko dengan karakter katakana tidak melanggar hukum, nama-nama tanpa kanji terasa asing dalam Bahasa Jepang tradisional.

Jadinya, bagi beberapa orang Jepang, hal tersebut terlihat aneh pada hanko. Di sisi lain, menerjemahkan nama kamu dengan konverter daring ke dalam kanji juga bukan solusinya.

Sekarang, kamu bisa mendapatkan sebuah hanko lengkap dengan nama kanji kamu sendiri, dibuat dari kanji yang bergaya dan bermakna. Sirusi adalah proyek urun dana milik Omiya-Hanko yang memproduksi hanko istimewa untuk orang asing. Staf Sirusi yang adalah orang Jepang asli bertugas memilih kanjinya.

Pertama, nama kamu diubah menjadi bahasa Jepang. Contohnya:

Robert menjadi 呂馬跡 (dibaca Ro-ba-ato)

Donald menjadi 努成土 (dibaca Do-naru-do)

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.