Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Ini Alasan Mengapa Transportasi di Jepang Nyaman

Kompas.com - 9/Dec/2019, 17:06 WIB
Ilustrasi kereta di Jepang.
Ilustrasi kereta di Jepang.


OhayoJepang - Beberapa orang mungkin bermimpi untuk tinggal di negara maju seperti Jepang. Bukan hanya karena tingkat kemakmurannya saja yang lebih tinggi, tetapi juga karena infrastruktur yang menunjang kehidupan sehari-hari jauh lebih tertata, salah satunya adalah fasilitas transportasi umum.

Baca: Ini Cara Umum Orang Jepang Berpergian

Di Jepang fasilitas transportasi umum yang paling lumrah ditemukan adalah kereta dan bus. Di kota-kota besar alat transportasi inilah yang paling sering digunakan. Berikut beberapa kelebihan transportasi umum di Jepang.

  • Jalur transportasi yang telah merata

Jalur transportasi di Jepang telah dibangun secara merata ke seluruh pelosok negeri, terutama jalur kereta api.

Berdasarkan data dari Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism Jepang yang di ambil pada April 2019, terdapat 208 perusahaan perkeretaapian di Jepang dengan jumlah total jalur 216 yang memanjang dari Hokkaido hingga Kyushu. Dengan kata lain, kita bisa berjalan ke pelosok negeri Jepang hanya dengan menggunakan kereta.

Selain kereta, jalur bus di Jepang juga sangat banyak. Transportasi bus ini kebanyakan digunakan di daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh kereta.

Pada beberapa keadaan, berpergian menggunakan bus lebih praktis dibandingkan kereta. Di Jepang sendiri ada berbagai jenis bus, seperti bus kota, bus cepat dan bus jarak jauh. Kamu bisa memilih bus yang digunakan sesuai dengan keperluan.

  • Jadwal yang tepat waktu

Semua jenis transportasi umum di Jepang datang sesuai dengan jam yang telah dijadwalkan.

Bus dan kereta akan datang dan berangkat sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan selama tidak ada gangguan yang disebabkan oleh cuaca ataupun kecelakaan. Kamu pun bisa mengakses jadwal-jadwal ini dengan mudah melalui berbagai aplikasi transportasi yang tersedia di Jepang. 

Sebagai informasi tambahan, kecepatan jam kedatangan kereta atau bus disesuaikan dengan banyaknya jumlah pengguna jalur. Di jalur kereta sibuk yang ada di kota besar biasanya kereta akan datang dengan jadwal per tiga atau lima menit.

Sebaliknya, di jalur yang penggunanya sedikit, seperti jalur kereta daerah kereta akan datang per 30 menit atau bahkan sampai per satu jam. Jadwal kereta yang lama ini juga berlaku di kota besar pada pagi buta ataupun larut malam saat pengguna kereta sedikit. 

Halaman:
Editor : Silvita Agmasari

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.