Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Penyesuaian Pajak Akhir Tahun Saat Bekerja di Perusahaan Jepang

Kompas.com - 18/Oct/2019, 21:52 WIB
Ilustrasi pajak.
Ilustrasi pajak.

OhayoJepang- Selama mendapatkan penghasilan, kamu pasti akan diminta untuk melaporkan pajak penghasilan. Di Jepang, terdapat dua proses untuk melaporkan pajak penghasilan.

Kakutei Shinkoku (確定 申告) biasanya dilakukan oleh pekerja lepas dan wiraswasta, sedangkan Nenmatsu Chousei (年末 調整) adalah penyesuaian pajak akhir tahun yang biasanya diajukan oleh pihak perusahaan yang mempekerjakan kamu.

Dalam artikel ini, terdapat dasar-dasar Nenmatsu Chousei yang biasanya terjadi sekitar bulan November ketika perusahaan mulai membagikan dokumen yang harus diisi.

Dengan menyelesaikan dokumen-dokumen ini, pajak yang kamu bayarkan akan ditinjau berdasarkan faktor-faktor tertentu seperti tanggungan, asuransi lain yang dibayar, pinjaman rumah, dan lain-lain.

Hal ini dapat mengakibatkan menerima pengembalian uang atau membayar saldo, serta akan menjadi dasar dari berapa banyak pajak penghasilan yang dibayar untuk tahun berikutnya.

Ada beberapa formulir yang harus diisi dan cukup dicantumkan, kamu hanya perlu menuliskan nama, alamat, nomor kartu My Number, dan inkan atau stempel pribadi.

Kamu diharuskan untuk mengirimkannya dengan informasi pribadi untuk membuktikan bahwa kamu telah mengenali formulir itu meskipun bagian lainnya dibiarkan kosong.

Apa dasar untuk memenuhi syarat penyesuaian pajak kamu? Di bawah ini terdapat formulir dasar yang diberikan oleh perusahaan:

給与所得者の配偶者控除等申告書 (Kyuyo Shotokusha No Haigusha Kojoto Shinkokusho) atau permohonan pembebasan bagi pasangan yang mencari nafkah.

Form permohonan pembebasan bagi pasangan yang mencari nafkah
Form permohonan pembebasan bagi pasangan yang mencari nafkah

Formulir bahasa Inggris tersedia di sini.

Formulir ini diisi oleh mereka yang memiliki pasangan dengan penghasilan tahunannya tidak melebihi 1.230.000 yen. Dengan mengirimkan formulir ini, kamu mungkin diizinkan untuk meminta pengecualian pajak untuk pasangan.

Halaman:
Editor : Wahyu adityo prodjo

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.