Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Membuat Hiasan Emas hingga Lihat Rumah Ratusan Tahun di Yunokuni no Mori

Kompas.com - 12/Oct/2019, 19:20 WIB
Yunokuni no Mori
Yunokuni no Mori

OhayoJepang - Yunokuni no Mori merupakan desa kerajinan tangan di daerah Komatsu, sebuah kota di selatan Prefektur Ishikawa.

Ini sebenarnya seperti sebuah theme park yang bertemakan kerajinan tangan khas Ishikawa. Seakan-akan seluruh kerajinan tangan tradisional Ishikawa dikumpulkan di satu tempat.

Daerah Kaga dulunya dikuasai oleh Keluarga Maeda, yang kini masuk dalam wilayah Prefektur Ishikawa dan Prefektur Toyama.

Yunokuni no Mori
Yunokuni no Mori

Pada abad ke-17 hingga ke-19, Maeda menerapkan kebijakan budaya yang membuat kerajinan tradisional khas Kaga semakin berkembang.

Seniman kerajinan tangan dari Prefektur Ishikawa terkenal menghasilkan karya seni berkualitas dan masih bersifat tradisional. Bahkan, pemerintah Jepang telah menetapkan 10 produk kerajinan tangan tradisional yang asli berasal dari Ishikawa.

Mulai dari keramik Kutani yang dilukis tangan, Wajima lacquerware, Kaga yuzen atau kain sutra teknik celup dan cap dengan motif bertemakan alam, daun emas, gold leaf, kerajinan kertas washi, pembuatan gelas, hingga kerajinan kayu khas Yamanaka.

Yunokuni no Mori
Yunokuni no Mori

Ada sekitar 20 rumah tradisional beratap jerami di desa ini. Beberapa di antaranya berusian sudah 100 tahun. Setiap rumah tersebut menjadi area workshop dari aneka kerajinan tangan tradisional asli daerah Hokuriku.

Bersiaplah terpukau dengan keunikan dan kerumitan setiap kerajinan tangan. Tak hanya sekadar melihat proses pembuatannya, kamu bisa mencoba sendiri, loh!

Yunokuni no Mori
Yunokuni no Mori

Ada sekitar 50 aktivitas yang bisa kamu coba. Mulai dari kelas masak bikin kukis dan mi soba, sampai membuat kerajinan tangah liat dan lembaran emas. Fasilitas lainnya di dalam taman ini adalah rumah teh tempat pengunjung bisa mencoba upacara minum teh khas Jepang, area bermain anak, hingga toko suvenir.

Yunokuni no Mori
Yunokuni no Mori

Jadi jika kamu terlalu malas membuat aneka kerajinan tangan, kamu bisa langsung membelinya di toko yang ada di dalam taman. Ada pula dua restoran yang menyajikan udon dan makanan khas Kaga.

Yunokuni no Mori (Desa Kerajinan Tangan Tradisional)
Na 3-3 Awazu-onsen, Kota Komatsu, Prefektur Ishikawa
Buka setiap hari pukul 9.00 sampai 16.30, kecuali hari libur tertentu (cek website resmi untuk jadwal hari libur). Pintu masuk ditutup satu jam sebelum jam tutup.
Harga tiket: orang dewasa ¥540, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas ¥440, anak-anak di atas 4 tahun ¥330
Nomor telepon: +81-761-65-3456
Akses: Naik bus selama 20 menit atau sekitar 1 kilometer dari Stasiun Kaga-onsen di jalur JR Hokuriku Main Line
http://yunokuni.jp/mori/en/

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.