Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tata Krama Jepang di Tempat Kerja: Cara Bertukar Kartu Nama

Kompas.com - 30/Aug/2019, 15:53 WIB
ILUSTRASI - Bertukar kartu nama
ILUSTRASI - Bertukar kartu nama

OhayoJepang - Saat bekerja di Jepang, ada istilah meishi atau kartu nama. Bertukar kartu nama dengan benar adalah salah satu etika bisnis yang penting dalam dunia kerja di Jepang.

Meishi biasanya digunakan pada saat ingin memperkenalkan diri sebagai anggota dari sebuah perusahaan. Bertukar kartu nama biasanya menjadi pembuka dalam sebuah pertemuan dan merupakan waktu yang tepat untuk memberikan kesan yang baik. 

Di Jepang, cara bertukar kartu nama sudah dipelajari pada tahun pertama mulai bekerja. Jadi sebaiknya kamu juga mengetahui tata cara bertukaran kartu nama yang tepat, karena kamu juga pasti akan berhadapan dengan keadaan tersebut.

Kali ini kita akan membahas tentang cara bertukar kartu nama: 

Meishi Koukan (Saling bertukar kartu nama)

Pertama-tama, siapkan card case (dompet khusus kartu nama). Kamu akan dianggap tidak sopan bila menukar meishi tanpa membawa card case.

Saling menukar kartu nama
Saling menukar kartu nama

Keluarkan kartu nama, letakkan di atas card case dan pegang dengan kedua tangan. Pastikan posisi kartu tidak terbalik bila dilihat dari posisi lawan bicara.   

Setelah itu, perkenalkan diri dengan menyebutkan nama, nama divisi, dan nama perusahaan dengan suara yang jelas. Di Jepang, pertama kamu harus menyebutkan nama perusahaan terlebih dahulu, baru diikuti dengan nama divisi, dan nama kamu.

“[Perusahaan] no [Divisi] bu no, [Nama] to moushimasu”

Saling bertukar kartu nama
Saling bertukar kartu nama

Saat menyerahkan kartu nama, pastikan posisi tangan kamu berada di bawah si penerima. Setelah lawan bicara kamu memperkenalkan diri, serahkan kartu nama kamu dengan tangan kanan, dan terima kartu nama mereka dengan tangan kiri. Lalu, langsung letakkan kartu tersebut di atas card case. Pada saat menerima kartu nama, katakan,

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.