Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Orang Jepang Percaya Angka Keberuntungan dan Angka Sial, Ini Panduan Pemakaiannya

Kompas.com - 13/Aug/2019, 09:34 WIB
ILUSTRASI
ILUSTRASI

OhayoJepang - Beberapa budaya di dunia mempercayai angka-angka tertentu sebagai angka keberuntungan dan angka ketidakberuntungan atau angka sial. Salah satu anggota tim OhayoJepang di Jepang menyadari uniknya kepercayaan orang Jepang terhadap angka-angka keberuntungan, saat ia berbicara dengan teman Jepangnya mengenai pemilihan apartemen dan hal-hal yang harus diperhatikan saat menghadiri pesta pernikahan di Jepang.

Jadi, apakah sebenarnya angka-angka keberuntungan ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas angka keberuntungan maupun angka sial yang menjadi kepercayaan orang Jepang.

 Angka keberuntungan

8: tertulis “八” dalam kanji. Bentuknya yang melebar di ujung, menyimbolkan harapan untuk keberuntungan yang terus berlanjut. Alasan yang sama juga berlaku pada kipas tangan khas Jepang dipandang sebagai benda yang membawa keberuntungan. Hal ini karena bentuknya yang melebar saat dibuka. 

Angka sial

4: Angka ini mengingatkan orang Jepang pada kematian karena angka ini berhomonim dengan kata “死” (berarti kematian).

9: Angka ini mengingatkan orang Jepang pada penderitaan, karena angka 9 berhomonim dengan “苦” (berarti kesulitan atau penderitaan)

13: Angka ini dipengaruhi budaya barat yang menganggap angka 13 merupakan angka sial. Angka ini memiliki citra yang buruk. 

Angka ganjil dan genap

Angka ganjil memiliki karakter sebagai sesuatu tidak bisa dibagi dua. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.