Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Pilihan Akses Internet dan Telepon di Jepang

Kompas.com - 31/Jul/2019, 22:23 WIB
ILUSTRASI
ILUSTRASI

OhayoJepang - Salah satu hal penting saat bepergian di seluruh negara di dunia adalah akses komunikasi yang tetap terhubung. Untungnya di Jepang, ada banyak pilihan untuk tetap terhubung. Mulai dari saluran telepon konvensional sampai ponsel pintar dengan teknologi terkini. Berikut beberapa pilihan untuk tetap terhubung koneksi telepon maupun internet selama di Jepang. 

 1. Handphone atau Ponsel pintar

Terdapat tiga perusahaan telekomunikasi terbesar di Jepang yaitu Docomo, au (dibaca sesuai hurufnya “A” dan “U” dalam Bahasa Inggris) dan Softbank. Dulunya, ketiga perusahaan ini yang menguasai pasar telekomunikasi mobile. Namun saat ini sudah ada beberapa perusahaan baru yang menawarkan layanan mobile dengan harga rendah, serta pilihan-pilihan layanan telekomunikasi terbaru lainnya.

Pilihan pascabayar

Sebagian besar operator telekomunikasi seluler di Jepang memberikan layanan pascabayar. Hal ini berarti biaya komunikasi baru dibayarkan setelah penggunaan setiap bulannya. Perusahaan-perusahaan besar biasanya menawarkan paket bundling yang sudah termasuk telepon genggam itu sendiri (biasanya dibayar di awal) dan biaya langganan layanan operator seluler. 

Piranti telepon genggam yang dibeli dalam paket bundling di Jepang biasanya sudah terpasang kartu SIM yang terkunci. Jadi jika kamu berusaha memasukkan kartu SIM ke telepon genggam dengan SIM terkunci, hal ini tidak akan bisa dilakukan. 

Tentu saja, tidak hanya paket bundling yang tersedia, tetapi juga ada pilihan membeli kartu SIM untuk telepon genggam yang tidak terkunci (disebut “SIM free” di Jepang). Namun biasanya paket data atau data&telepon, juga merupakan layanan pascabayar. Hanya saja, patut diingat bahwa ada beberapa model telepon genggam yang tidak bisa memakai kartu SIM Jepang, jadi sebaiknya cek terlebih dahulu.  

Pilihan Pra-bayar

Baru-baru ini, perusahaan telekomunikasi yang lebih kecil, mulai menawarkan pilihan SIM pra-bayar yang menyediakan paket data dalam jumlah tertentu. Jenis seperti ini hanya bisa digunakan satu kali saja. Namun ada jenis lainnya yang pulsanya bisa kamu isi ulang. Patut diingat, membeli kartu SIM yang baru kerap lebih murah dibanding mengisi ulang pulsa kartu SIM.   

Catatan

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.