Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Cara Mengirim Uang dari Jepang

Kompas.com - 31/Jul/2019, 19:59 WIB
ILUSTRASI
ILUSTRASI

OhayoJepang - Saat kamu mulai menerima uang selama bekerja di Jepang, ada kalanya kamu memerlukan layanan pengiriman uang baik melalui bank maupun non-bank. Layanan ini digunakan untuk mentransfer uang hasil kerjamu ke Indonesia (atau negara lain).

Ada kalanya kamu perlu mengirim uang ke keluarga di Indonesia untuk melunasi tagihan kartu kredit, sekadar memberikan uang untuk keluarga, atau ingin menabung dalam mata uang rupiah. Jika itu terjadi, berikut beberapa pilihan untuk mengirim uang dari Jepang ke Indonesia.    

Bank

Transfer atau pengiriman uang dari luar negeri merupakan salah satu layanan yang ditawarkan bank. Jadi, kamu bisa langsung datang ke suatu bank lokal di Jepang. Pastikan kamu memang memiliki rekening di bank tersebut. Hanya saja, cara pengiriman uang via bank ini membutuhkan waktu beberapa hari untuk sampai di suatu rekening bank di Indonesia. Selain itu, biayanya juga tidak murah. 

Mayoritas bank-bank besar menyediakan layanan pengiriman uang ke luar negeri melalui online banking. Namun beberapa bank masih mengharuskan nasabah untuk datang ke kantor cabang untuk melakukan pengiriman uang. Biasanya, penerima uang harus memiliki rekening bank yang aktif agar uang bisa ditransfer. 

Perusahaan Pengiriman Uang

Sejak 2010, Jepang memperbolehkan perusahaan non-bank untuk melakukan layanan pengiriman uang. Dengan meningkatnya jumlah pekerja asing di Jepang, jumlah perusahaan pengiriman uang non-bank juga meningkat. Loket-loket pengiriman uang bisa ditemukan di mana-mana terutama di kota-kota besar di Jepang.  

Jika dibandingkan dengan bank, perusahaan-perusahaan ini lebih fleksibel dalam menawarkan layanannya. Selain itu, biaya pengiriman uang juga lebih murah. Sebelum melakukan transfer uang, kamu perlu mengisi formulir sebagai proses registrasi dan menunjukan kartu identitas yang asli. Pada proses ini kamu juga diminta untuk menuliskan data penerima uang. Setelah transaksi selesai kamu akan menerima nomor kode yang harus diinformasikan kepada penerima uang untuk mengambil uang tersebut. 

Di lain pihak, ada juga beberapa perusahaan pengiriman uang yang menyediakan layanan pengiriman langsung dengan pendaftaran keanggotaan sebelumnya. Bila kamu menjadi anggota, kamu bisa mengirimkan uang langsung ke rekening yang didaftarkan, bisa rekening sendiri ataupun keluarga. Jadi, penerima tidak perlu melakukan proses penerimaan uang yang rumit. 

Dompet Mobile

Dengan semakin berkembangnya inovasi digital, maka hadirlah dompet digital dan aplikasi pengiriman uang secara mobile, seperti Smiles.

Dengan cara ini, pengiriman dan menerima uang akan lebih cepat dan lebih murah, sama seperti kalau menggunakan jasa perusahaan pengiriman uang non-bank. Namun, dengan cara ini, kamu tetap harus menggunakan online banking karena harus menghubungkan akun rekening ke dompet digital. Selain itu, penerima uang juga harus menggunakan aplikasi yang sama untuk menerima uang. 

Provided by Karaksa Media Partner (26 Juni 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR

Related to Pengiriman Uang

Cara Mengirim Uang dari Jepang
Pengiriman Uang

Cara Mengirim Uang dari Jepang

31/07/2019