Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Panduan Mencari Masjid dan Musola di Jepang

Kompas.com - 31/Jul/2019, 16:21 WIB
ILUSTRASI - Masjid
ILUSTRASI - Masjid

OhayoJepang - Belakangan di Jepang penyediaan pelayanan untuk umat Muslim semakin meningkat, mulai dari banyaknya restoran halal sampai dengan penyediaan tempat ibadahyna di tempat-tempat wisata terkenal, ataupun di tempat yang banyak ditinggali umat Muslim. Berikut beberapa tempat ibadah yang bisa kamu temukan di Jepang.

Masjid

Jumlah masjid di Jepang masih sangat terbatas. Biasanya masjid dibangun di dekat pusat kebudayaan ataupun kedutaan besar suatu negara dengan penduduk mayoritas Muslim seperti Turki, Malaysia ataupun Indonesia. Salah satu masjid terkenal di Tokyo adalah Masjid Camii yang terletak di sekitar daerah Shibuya. Selain itu, ada juga masjid Indonesia yang terletak di dalam sekolah Indonesia di Meguro, Tokyo. 

Bila di Indonesia kita bisa membedakan bangunan masjid dengan melihat bentuk kubah, masjid di Jepang kebanyakan berbentuk bangunan gedung biasa. 

Musolah atau ruang beribada

Berbeda dengan masjid, kita bisa menemukan banyak musolah atau prayer room di Jepang. Biasanya tempat solat ini disediakan di tempat umum seperti bandara, stasiun kereta api besar, pusat perbelanjaan, dan bahkan pusat informasi. Jumlah tempat publik yang menyediakan fasilitas prayer room ini semakin meningkat setiap tahunnya.

Hal yang wajib diingat adalah penggunaan prayer room di Jepang dibatasi waktunya, kebanyakan hanya dibuka dari pukul 8.30 sampai 20.00 dan bisa lebih pendek saat hari libur. Jam buka  prayer room ini akan berbeda-beda sesuai dengan kebijakan masing-masing fasilitas. Pengunjung tidak bisa menggunakan prayer room dengan bebas, kita harus melapor kepada pengelola prayer room (biasanya staff dari fasilitas tersebut) sebelum menggunakannya.

Selain kedua tempat di atas, kita juga bisa menemukan tempat solat di restoran yang menyediakan menu Halal. Biasanya restoran seperti ini akan menyediakan tempat solat sebagai pelayanan bagi pelanggan.

Karaksa Media Partner (4 Juli 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Related to Masjid & Tempat Ibadah