Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tips Mencari dan Belanja Produk Halal di Jepang

Kompas.com - 31/Jul/2019, 16:41 WIB
ILUSTRASI - Supermarket
ILUSTRASI - Supermarket

OhayoJepang - Beberapa tahun belakangan ini, orang asing yang datang untuk tinggal di Jepang semakin meningkat. Beberapa di antaranya berasal dari negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim. 

Salah satu kesulitan yang dihadapi oleh orang asing beragama Islam yang tinggal di Jepang adalah menemukan bahan makanan halal. Bila kamu termasuk orang yang berminat untuk mencoba tinggal di negeri sakura ini, berikut kami perkenalkan beberapa tempat yang menjual bahan makanan yang memiliki lambang halal.

1. Toko bahan makanan asing

Toko bahan makanan asing ini bisa ditemukan di berbagai tempat. Biasanya di dekat masjid besar di Jepang ada toko yang menjual produk dan bahan makanan halal. Selain itu, di beberapa kota besar kita bisa menemukan toko-toko yang menjual bahan makanan asing yang dibuka di Shopping Arcade (pusat perbelanjaan), seperti di daerah Ameyokocho Ueno ataupun di daerah Shin-okubo. Contohnya Toko Fatimah di Ueno yang menjual produk-produk Indonesia. 

Beberapa toko ini memiliki website dan bisa dipesan secara online, sehingga bila jauh dari tempat tinggal, kita tidak perlu jauh-jauh datang.

2. Gyomu-suupaa (Supermarket berharga murah)

Gyomu-suupaa merupakan salah satu jenis supermarket Jepang yang menjual bahan makanan secara murah. Di sini kita bisa menemukan bahan halal berupa daging segar bekuan ataupun beberapa bumbu masak. Selain itu, kita juga bisa menemukan daging dan bumbu berlambang halal di supermarket grosir. Contohnya supermarket dengan brand Hanamasa yang ada hampir di seluruh wilayah Jepang.

3. Supermarket Jepang

Meskipun jumlahnya sangat terbatas, terkadang ada supermarket Jepang yang menyediakan produk atau bahan makanan halal. Produk ini merupakan produk asli (private brand) yang dibuat sendiri oleh beberapa supermarket tersebut. Contohnya brand Top Valu dari Mall AEON.

Selain tempat-tempat di atas, ada juga toserba Jepang yang menyediakan makanan atau produk halal yang bisa dinikmati tidak hanya oleh turis, tetapi juga orang asing yang tinggal di Jepang. 

Provided Karaksa Media Partner (5 Juli 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Related to Belanja