Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Kuil Niukawakami, Kunjungan ke Kuil Dewi Air Tertua di Jepang

Kompas.com - 4/Mar/2019, 09:45 WIB
Yumebuchi tempat sungai Hiura-gawa, Kidzu-gawa, dan Shigo-gawa menyatukan alirannya. Aliran jernih yang terlihat seperti warna biru tua merupakan pemandangan yang cocok dengan tempat sakral negara dewi air. Terlihat cantik di pagi hari yang cerah
Yumebuchi tempat sungai Hiura-gawa, Kidzu-gawa, dan Shigo-gawa menyatukan alirannya. Aliran jernih yang terlihat seperti warna biru tua merupakan pemandangan yang cocok dengan tempat sakral negara dewi air. Terlihat cantik di pagi hari yang cerah

OhayoJepang - “Jika engkau mendirikan kuil di Niukawakami, Yoshino, yang jauh dari tempat tinggal manusia dan berdoa untukku, maka kuhentikan hujan panjang dan kuturunkan hujan yang membawa berkah”.

Ini merupakan salah satu ajaran yang menjadi asal mula didirikannya Niukawakami Jinja (kuil Niukawakami). Kuil ini dikenal sebagai pusat kuil yang memuja dewi air di seluruh Jepang karena memuja dewi Mizuha yang mengatur kebijakan ilahi mengenai air.

Pada musim panas banyak orang berkunjung dengan mengharapkan kesejukan dengan bermain di sungai dan lainnya. Permukaan air yang bercahaya dengan warna biru tua itu, merupakan pemandangan yang cocok dengan kuil dewi air tertua di Jepang.

Kuil utama yang berdiri di balik kuil pemujaan
Kuil utama yang berdiri di balik kuil pemujaan

Di sebelah kuil pemujaan terdapat pohon sugi (aras) besar yang konon bisa mengabulkan permintaan. Konon, usia pohon itu mencapai 1.000 tahun. Jika berdoa sembari mempertemukan kedua telapak tangan, pengunjung dipercaya bisa menerima perlindungan dari sang dewa.

Ramalan cinta
Ramalan cinta

Ramalan cinta yang bila dicelupkan ke air maka hasil ramalannya akan muncul. Harganya 300 yen.

Jimat pencerah cuaca / Niukawakami Jinja
Jimat pencerah cuaca / Niukawakami Jinja

Jimat pencerah cuaca dipercaya dapat memberikan kesehatan, vitalitas, semangat, dan energi lewat kekuatan yang dimiliki oleh dewi air. Harga jimat ini adalah 1.000 yen.

Tempat cuci tangan dewa naga
Tempat cuci tangan dewa naga

Tempat cuci tangan berbentuk dewa naga berada di dalam batas area kuil. Mari berkunjung ke dalam kuil setelah menyucikan tubuh di area ini.

Air terjun Higashi no Taki.
Air terjun Higashi no Taki.

Di dalam batas area kuil dan tempat sakral kuil juga diisi dengan titik-titik yang berhubungan dengan air, seperti air terjun Higashi-no-Taki yang muncul dalam antologi puisi tertua di Jepang, Manyoshu. Air terjun ini dekat dengan Yumebuchi yang dianggap sebagai hunian kekuatan dewi air.

Niu no Manai yang juga dipanggil air penyuci.
Niu no Manai yang juga dipanggil air penyuci.

Titik lainnya adalah Niu-no-Manai yang dianggap dapat menyucikan diri. Niu no Manai yang juga dipanggil air penyuci. Air dewa-dewi yang mendapatkan berkah dan kekuatan dewi air yang menjadikan Omurogadake di sisi balik kuil utama sebagai sumber airnya. Air di sini boleh diminum.

Informasi Tempat
Niukawakami Jinja
Alamat: Nara-ken, Yoshino-gun, Higashi Yoshino-mura Omura 968
Jam operasional: bebas untuk di dalam batas area kuil *kuil: 8.30-16.30
Hari libur: tidak ada
Biaya: gratis berkunjung
Tempat parkir: 40 unit (gratis) *terbatas pengunjung
Berdiri: tahun 675 (Hakuho 4)
Keuntungan: panen melimpah, dan lainnya

Selanjutnya merupakan tempat-tempat di sekitar kuil Niukawakami Jinja yang dapat dikunjungi dengan mobil:

Menikmati menu Yoshino-honkudzu di Kuzu no Kan

Set kudzu-yokan
Set kudzu-yokan

Kuzu no Kan adalah restoran yang dikelola langsung oleh restoran Murano Yoshino Kuzu Honbo (pusat) yang sudah berdiri lebih dari 450 tahun.

Terdapat kedai teh yang tergabung di dalam restoran Kuzu no Kan yaitu Kuzumian. Pengunjung Kuzumian dapat menikmati rasa manis dari hidangan yang memakai tepung hon kudzu. Hon kudzu merupakan tepung yang dibuat dari kudzu (sejenis kacang). Tepung hon kudzu yang digunakan Kuzumian merupakan produk dari Yoshino yang dibuat dengan air bawah tanah dari periode musim terdingin saja.

Set kuzu-yokan yang dituangi cairan tepung kuzu dan matcha pilihan khusus, bisa dibeli dengan harga 630 yen. Sensasi kudzu yang halus dan rasa manis yokan, paduan yang tidak tertahankan.

Informasi Tempat
Kuzu no Kan
Alamat: Nara, Uda-shi, O-uda Nishiyama 3
Akses: 5 menit jalan kaki dari halte bus Nishiyama
Jam operasional: 09.00-18.00; Kuzuiman: 10.00-17.00 (LO) *berbeda tergantung musim
Hari libur: tidak tetap
Jumlah kursi: 22 (dilarang merokok)
Tempat parkir: 10 unit (gratis)

Menu jamur di Kinoko no Kan

Full course A dengan sekitar 10 hidangan jamur
Full course A dengan sekitar 10 hidangan jamur

Kinoko no Kan adalah restoran petani serta tempat pengunjung dapat menikmati masakan jamur dan daging hewan liar. Pada hidangan full course jamur yang terkenal, pengunjung dapat memuaskan diri dengan jamur bebas bahan kimia dalam berbagai bentuk.

Full course A (2.000 yen) dengan sekitar 10 hidangan yang menggunakan jamur, mulai dari jamur bakar, sashimi jamur shiitake, jamur shitake bakar dengan miso, hingga nasi jamur.

Pengunjung juga dapat melakukan panen jamur. Harganya  200 yen per 100 gram.

Informasi Tempat
Kinoko no Kan
Alamat: Nara, Yoshino-gun, Higashi Yoshino-mura, Washika 1601
Akses: 7 menit jalan kaki dari halte bus Washika
Jam operasional: 11.00-19.00 | Tempat penjualan langsung: 09.00-selesai
Hari libur: Kamis
Jumlah kursi: 10 (dilarang merokok)
Tempat parkir: 3 unit (gratis)

Soba sotoichi kaya rasa di Teuchi Soba Yoshinoan

Set tempura mori soba berisi udang, tempura renyah dari sayuran
Set tempura mori soba berisi udang, tempura renyah dari sayuran

Teuchi Soba Yoshinoan merupakan restoran soba yang menempati rumah tua berusia lebih dari 300 tahun yang telah direnovasi. Pengunjung juga dapat menikmati soba sotoichi yang dibuat dari campuran tepung soba produksi Maruoka, Prefektur Fukui, dengan tepung gandum biasa. Perbandingan campuran ini adalah satu kilogram tepung soba dan 100 gram gandum.

Mi mori soba dengan harga 800 yen. Hidangan soba ini berbeda pada rasa dan sensasi saat ditelan. Mi shime no soba-yu juga luar biasa.

Informasi Tempat
Teuchi Soba Yoshinoan
Alamat: Nara, Yoshino-gun, Higashi Yoshino-mura, Kotsugawa 601
Jam operasional: 11.30-14.30 (jika soba habis terjual, tutup)
Hari libur: Senin-Jumat (libur nasional buka)
Jumlah kursi: 20 (dilarang merokok)
Tempat parkir: 12 unit (gratis)

Provided by Japan Walker™, Kansai Walker™ (25 Juli 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR