Unik, Kuil di Tokyo Ini Terkenal untuk Tempat Berdoa Minta Jodoh

Tokyo Daijingu KARAKSA MEDIA

OhayoJepang - Kebanyakan orang Jepang mengunjungi kuil hanya pada saat tahun baru. Tradisi ini lebih dikenal sebagai Hatsumode, kunjungan kuil awal tahun untuk mendoakan kesehatan dan harapan di tahun baru tersebut. Selain awal tahun, ada juga beberapa kuil yang dikunjungi oleh orang Jepang pada waktu yang tidak ditentukan.

Biasanya kuil-kuil ini memiliki “khasiat” masing-masing, seperti kuil khusus untuk mendoakan supaya bisnis sukses hingga kuil khusus untuk mendoakan keselamatan bayi yang akan dilahirkan. Ada pula kuil khusus untuk mendoakan lulus tes masuk sekolah, bahkan kuil khusus untuk membangun hubungan baik.

Sehubungan dengan kuil untuk membangun hubungan baik ini, banyak orang Jepang yang datang untuk berdoa agar mendapatkan jodoh. Namun sebenarnya tidak terbatas pada hal jodoh saja. Hubungan baik di sini bisa merujuk kepada hubungan pertemanan, keluarga, dan hubungan dengan orang lainnya.

Kali ini, Ohayo Jepang mengunjungi salah satu kuil khusus untuk hubungan baik yaitu Tokyo Daijingu. Ada banyak perempuan muda Jepang yang berkunjung ke sini meskipun pada hari kerja. Tidak hanya itu, beberapa di antara pengunjung pun kami menemukan pasangan.     

 

Tidak hanya berdoa, kebanyakan pengunjung juga membeli jimat untuk hubungan baik yang dijual di kuil ini. Selain jimat, ada juga papan kayu untuk menuliskan keinginan yang disebut “Ema”. Terdapat juga tempat khusus untuk menggantungkan Ema tersebut di pelataran kuil.   

Kuil ini juga mengadakan acara Candle Night pada tanggal 17 setiap bulannya, karena pada tanggal tersebut merupakan tanggal yang penting untuk kuil. Pemandangan lampu berbentuk lilin di pelataran kuil ini sangat romantis untuk dinikmati pada malam hari. Bila hujan, acara ini akan dibatalkan dan dilakukan pada bulan berikutnya.

Informasi Tempat
Kuil Tokyo Daijingu
Alamat: Tokyo, Chiyoda-ku, Fujimi 2-4-1
Jam buka: 06:00-21:00, tempat penjualan jimat 08:00-19:00
Akses: Jalan kaki sekitar lima menit dari stasiun Iidabashi semua jalur

Provided by Karaksa Media Partner (17 Juni 2019)

Kompas.com Play

Lihat Semua
Expand player
Komentar
Dapatkan hadiah utama Smartphone dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!
Tulis komentar Anda...
Lihat komentar tentang artikel ini di Bagian Komentar!