Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Unik, Barista Robot Siap Layani Anda di Henna Cafe di Shibuya Jepang

Kompas.com - 23/Mar/2018, 09:21 WIB
Barista robot di Henna Cafe
Lihat Foto
Barista robot di Henna Cafe

KOMPAS.com - Pada 1 Februari 2018 lalu, telah dibuka "Henna Cafe" di basement lantai 1 kantor pusat H.I.S Shibuya yang ada di dalam Shibuya MODI (pusat perbelanjaan dan bisnis), Tokyo, Jepang. Uniknya, di kafe ini penjualan dan penyajian kopi dilakukan oleh robot.

Barista robot di Henna Cafe
Barista robot di Henna Cafe
Henna Cafe merupakan kafe yang mempekerjakan robot barista yang piawai dalam menyajikan kopi dengan teknik dripping. Terdapat dua robot di kafe ini, yaitu "Sawyer" atau robot untuk menyuguhkan kopi dan "Poastedy" atau robot barista yang bisa membuat 4 cangkir kopi dalam waktu bersamaan. Kafe ini menyediakan kopi nikmat dengan harga bersahabat.

Henna Cafe menyediakan tujuh jenis kopi, di antaranya Americano, Honkaku Drip Coffee, Coffee Latte, Cappuccino, Cocoa, Cafe Mocha, dan Matcha Latte. Harganya berkisar antara 290 yen sampai 410 yen, dengan ukuran gelas 230 ml.

Biji kopi yang digunakan merupakan campuran biji kopi dari Brasil, Guatemala, dan Ethiopia. Biji kopi ini diproduksi oleh petani kopi yang sudah jelas reputasinya dan melalui dua kali proses roasting (proses pemanggangan untuk mengeluarkan kandungan air dan menciptakan aroma pada kopi tersebut).

Barista robot di Henna Cafe
Barista robot di Henna Cafe
Ada cara tersendiri saat memesan kopi di kedai ini. Pertama, kita harus membeli tiket di mesin penjual, kemudian memindai (scan) QR code tiket di resepsionis. Setelah itu, kita tinggal menunggu nomor pesanan dipanggil di bagian dalam kafe. Robot akan membuatkan kopi secara otomatis berdasarkan informasi yang diterima.

Waktu yang diperlukan sampai pesanan tiba adalah sekitar tiga sampai empat untuk Honkaku Drip Coffee. Sementara itu, minuman lainnya membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga menit. 

Barista robot di Henna Cafe
Barista robot di Henna Cafe
Kopi ini memiliki rasa asam yang berpadu dengan rasa pahit. Rasa nikmat kopi menghasilkan cita rasa segar yang nikmat. Aroma kopi yang kuat dari biji yang baru digiling menyebar saat diminum.

Kedai ini berencana menjual minuman dingin dan kue kering (cookies), sehingga kedai ini bisa dijadikan tempat istirahat yang pas saat berkunjung ke Shibuya, Jepang.

Provided by Japan Walker™, Tokyo Walker™ (30 Januari 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.