Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Mencicipi Okonomiyaki Khas Kansai di Tokyo

Kompas.com - 15/Mar/2018, 11:18 WIB
Teppan Okonomiyaki Daruma
Lihat Foto
Teppan Okonomiyaki Daruma

KOMPAS.com - Okonomiyaki merupakan makanan khas Jepang yang dibuat dari adonan terigu encer yang dicampur dengan sayuran, daging atau seafood, dimasak di atas wajan plat baja persegi empat (teppan) dan disajikan dengan saus khusus dan mayones di atasnya.

Masakan yang dikenal sebagai makanan khas Osaka ini dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan cara memasaknya, yaitu okonomiyaki khas Kansai yaitu semua bahan dicampur sebelum dibakar di atas teppan (panggangan berbentuk plat besi) dan okonomiyaki khas Hiroshima (disebut hiroshimayaki) yang dibuat dengan menumpuk bahan langsung di atas teppan tanpa mencampur bahan terlebih dahulu.

Saat berkunjung ke Tokyo, okonomiyaki khas Kansai ini dapat Anda nikmati di restoran Teppan Okonomiyaki Daruma. Restoran yang telah buka sejak 2012 ini terletak di dekat stasiun subway Hatchobori?Hibiya Line, satu stasiun dari Tsukiji, pasar ikan yang terkenal di Tokyo.

Teppan Okonomiyaki Daruma
Teppan Okonomiyaki Daruma
Sesuai dengan nama restoran ini, kita bisa menikmati okonomiyaki dan teppanyaki (masakan yang disajikan di atas teppan). Di restoran ini terdapat kursi meja dekat dapur terbuka dan kursi biasa. Bila duduk di kursi meja dekat dapur terbuka, kita akan langsung berhadapan dengan teppan tempat koki memasak dan bisa melihat cara pembuatan okonomiyaki dari awal sampai akhir. 

Teppan Okonomiyaki Daruma
Teppan Okonomiyaki Daruma
Di kursi biasa pun, kita tetap bisa menikmati okonomiyaki yang telah dibuat oleh koki di atas teppan kecil yang menyatu dengan meja. Semua okonomiyaki yang disajikan di sini dibuat langsung oleh koki, sehingga kita dapat menikmati okonomiyaki dalam kondisi terenak.

meja teppan
meja teppan
Restoran dengan menu utama okonomiyaki ini memiliki hidangan rekomendasi bernama Modan-yaki, okonomiyaki dengan isian mi tebal (futo-men) khas daerah Kansai yang dipesan langsung dari Kyoto, dan topping daging babi dan telur di atasnya. Nikmati perpaduan tekstur antara adonan lembut okonomiyaki yang dikocok hingga mengembang dan mi tebal yang kenyal.

Modan-yaki
Modan-yaki
Ada juga menu okonomiyaki dengan isian seafood, seperti udang dan cumi-cumi yang disebut Kaisen Okonomiyaki. Berbeda dengan Modan-yaki, adonan kol dan seafood menyatu membentuk tekstur yang lembut.

kaisen okonomiyaki
kaisen okonomiyaki
Selain okonomiyaki, hidangan Zeppin Hormon no Tareyaki berupa tumisan tetelan sapi yang dicampur dengan sayuran pun merupakan menu favorit di restoran ini. Tekstur hormon yang lembut dan kenyal dipadukan dengan saus manis gurih menciptakan kelezatan tersendiri.

Zeppin Hormon no Tareyaki
Zeppin Hormon no Tareyaki
Nikmati juga hidangan yakisoba (mi goreng ala Jepang) yang berbahan mi tebal (futo-men) dari Kyoto yang dicampur dengan daging babi dan kol.

yakisoba
yakisoba

Temukan juga berbagai pajangan bermotif daruma (boneka kayu pembawa keberuntungan tradisional berwarna merah) di dalam toko.

Teppan Okonomiyaki Daruma
Teppan Okonomiyaki Daruma

Saat berkunjung ke Tokyo, bagaimana bila Anda mencoba okonomiyaki khas Kansai ini.

Informasi Tempat
Teppan Okonomiyaki Daruma
Alamat : Tokyo-to, Chuo-ku, Shinkawa 2-12-13 Nagamine Bld. 1F
Akses : Jalan kaki 5 menit dari stasiun subway Hatchobori Hibiya Line
Jam operasional : Senin-Jumat: makan siang 11.30-13.30 (LO 13.30), 
Senin-Sabtu & Tanggal merah: makan malam 17.30-23.30 (LO 22.15)
Hari libur : hari Minggu

Provided by Karaksa Media Partner (9 March 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.