6 Beda SSW (i) dan SSW (ii), dari Kategori sampai Dukungan Hidup Sehari-hari

Ilustrasi orang bekerja di Jepang. PEXELS/MIKE THE FABRICA

SSW (Specified Skilled Workers) atau Tokutei Ginou menarik setidaknya 8.141 Pekerja Migran Indonesia (PMI) selama Januari-Agustus 2024.

Terdapat dua kategori Tokutei Ginou yang kerap disebut Tokutei Ginou No. 1 dan Tokutei Ginou No. 2. Umumnya juga disebut SSW (i) dan SSW (ii).

"Rata-rata orang Indonesia yang bekerja di Jepang adalah sebagai SSW (i)," kata Subkoordinator Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Selama Bekerja, Ratri Nurinda Kusumawati, kepada Ohayo Jepang pada Rabu (2/10/2024).

Pekerja asing yang baru pertama kali kerja di Jepang melalui izin tinggal Tokutei Ginou biasanya akan mendapatkan status Tokutei Ginou No. 1 atau SSW (i).

Setelah bekerja beberapa lama dan mendapatkan pengalaman kerja serta memenuhi syarat, pekerja itu dapat pindah menjadi Tokutei Ginou No. 2 atau SSW (ii).

SSW (i) dan SSW (ii) mempunyai sejumlah perbedaan mulai dari kategori pekerja sampai dukungan kehidupan sehari-hari selama bekerja di Jepang.

Simak 6 perbedaan SSW (i) dan SSW (ii) berdasarkan keterangan tertulis dari Ratri berikut.

Baca juga: Cara Menjadi SSW di Jepang, Daftar Melalui Agensi Penempatan PMI

  SSW (i) SSW (ii) Kategori Pekerja terampil Pekerja ahli Periode izin tinggal dan kerja Hingga 5 tahun Tidak terbatas Standar keterampilan Dibuktikan melalui ujian  keterampilan SSW dan dikecualikan bagi alumni magang Jepang Dibuktikan melalui ujian  keterampilan SSW  Tingkat kemampuan Bahasa Jepang Dibuktikan melalui tes  Bahasa Jepang Tidak perlu mengikuti tes Bahasa Jepang Keikutsertaan keluarga Tidak diperbolehkan Diperbolehkan selama memenuhi persyaratan Dukungan kehidupan sehari-hari selama bekerja di Jepang  Memenuhi syarat untuk menerima dukungan dari Pemberi Kerja atau Registered Supporting Organization (RSO) Tidak memenuhi syarat untuk menerima dukungan dari Pemberi Kerja atau Registered Supporting Organization (RSO)

Bila sudah pernah mengikuti SSW (i), pekerja dapat mengikuti ujian keterampilan untuk SSW (ii) sesuai bidang yang akan dilamar, lalu melamar lowongan kerja SSW (ii).

Baca juga: Cara Kerja Sebagai SSW atau Tokutei Ginou bagi Alumni Magang Jepang

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ohayo Jepang (@ohayo_jepang)

 

Kompas.com Play

Lihat Semua
Expand player
Komentar
Dapatkan hadiah utama Smartphone dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!
Tulis komentar Anda...
Lihat komentar tentang artikel ini di Bagian Komentar!