Ujian JFT Basic Terdiri dari Apa Saja?

Fasad Stasiun Tokyo nan indah. (KARAKSA MEDIA PARTNER) KARAKSA MEDIA PARTNER

Ujian JFT-Basic bakal diadakan pada Oktober-November 2024 di Indonesia tepatnya Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Yogyakarta, Semarang, Denpasar, dan Manado.

Baca juga: Jadwal Ujian JFT Basic di Indonesia Oktober sampai November 2024

Biaya ujian JFT-Basic sebesar Rp 550.000 per orang.

Peserta ujian JFT-Basic harus warga negara asing berumur minimal 18 tahun yang tidak berbahasa Jepang. Metode ujian ini adalah CBT (Computer-Based Testing).

Total skor ujian ini adalah 250 poin, peserta dapat lulus bila mendapatkan skor minimal 200 poin.

Melansir Jpf.go.jp, terdapat sekitar 50 soal JFT-Basic dengan durasi pengerjaan 60 menit.

Bagian Target bagian Kategori Target kategori Huruf dan Kosakata (sekitar 12 soal) Mengukur kemampuan membaca teks bahasa Jepang yang digunakan dalam situasi kehidupan sehari-hari serta mengukur kemampuan penggunaan kosakata dasar. Arti kosakata Menanyakan arti suatu kosakata. Penggunaan kosakata Menanyakan penggunaan suatu kosakata. Membaca Kanji Menanyakan cara baca dalam tulisan Hiragana tentang suatu kosakata yang ditulis dengan huruf Kanji. Arti dan penggunaan Kanji Menanyakan arti dan penggunaan suatu kosakata yang ditulis dengan huruf Kanji. Percakapan dan Ungkapan (sekitar 12 soal) Mengukur kemampuan penggunaan tata bahasa dan ungkapan yang diperlukan dalam percakapan pada situasi kehidupan sehari-hari. Tata bahasa Menanyakan kemampuan penggunaan tata bahasa yang sesuai dengan konteks percakapan. Ungkapan Menanyakan kemampuan penggunaan ungkapan yang sesuai dengan konteks percakapan. Pendengaran (sekitar 12 soal) Mengukur pemahaman ketika mendengar percakapan dan instruksi dalam situasi kehidupan sehari-hari. Pemahaman konten (interaksi secara sosial) Menanyakan kemampuan pemahaman konten melalui pendengaran suatu percakapan yang mengandung pertukaran informasi dan interaksi sosial. Pemahaman konten (interaksi di toko dan lembaga publik/umum) Menanyakan kemampuan pemahaman konten melalui pendengaran suatu percakapan yang terjadi di toko dan lembaga publik/umum. Pemahaman konten (instruksi, pengumuman) Menanyakan kemampuan pemahaman konten melalui pendengaran suatu instruksi, pengumuman, audio dsb. Pemahaman Bacaan (sekitar 12 soal) Mengukur pemahaman ketika membaca surat, pemberitahuan, dan penjelasan dalam situasi kehidupan sehari-hari. Pemahaman konten Menanyakan kemampuan pemahaman konten ketika membaca teks singkat dan sederhana seperti surat dan pesan. Pencarian informasi Menanyakan kemampuan untuk mencari informasi yang diperlukan dari suatu papan iklan, pengumuman harian, dan dokumen.

Baca juga: 6 Beda JFT Basic dengan JLPT, dari Jadwal sampai Nilai Kelulusan

Sumber:

Japan Foundation (https://www.jpf.go.jp/jft-basic/)

 

Kompas.com Play

Lihat Semua
Expand player
Komentar
Dapatkan hadiah utama Smartphone dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!
Tulis komentar Anda...
Lihat komentar tentang artikel ini di Bagian Komentar!