Menara Jam Berusia 58 Tahun di Taman Sukiyabashi Ginza Jepang, Nyentrik!

Night view of Wakai tokei-dai (Young Clock Tower) sculpture by Taro Okamoto. Located in Sukiyabashi par SHUTTERSTOCK

 

OhayoJepang - Gedung-gedung berarsitektur unik, kokoh berdiri di Ginza, Jepang. Bentuknya yang tak biasa dan megah selalu menarik mata para pengunjung.

Ginza sendiri disebut sebagai kota batu bata pada 1877. Namun, semangat kota ini untuk berinovasi membuatnya kini menjadi kota yang memiliki arsitektur yang mutakhir.

Sayangnya ada banyak landmark atau bangunan bersejarah yang rusak karena gempa besar Kanto (1923) dan serangan udara besar Tokyo (1945), juga pengembangan kota setelah perang. 

Meskipun demikian, kota ini masih memiliki daya tarik arsitektur dengan kehadiran gedung maupun taman-taman yang tersisa.

Baca juga: 4 Jenis Hotel di Jepang, Gaya Klasik hingga Menginap di Kuil (Part1)

Di Ginza, kamu bisa melihat karya-karya terkenal dari para arsitek terkenal Jepang yang saat itu dipimpin oleh Kenzo Tange, atau juga bangunan yang dirancang oleh arsitek kontemporer terkenal dari dalam dan luar negeri sejak tahun 2000.

Hal ini membuat Ginza menjadi kota arsitektur yang diakui dunia. 

Taman Sukiyabashi

Tak hanya gedung, taman di Ginza juga menyimpan cerita tentang arsitektur. Salah satu taman yang wajib kamu kunjungi jika kamu adalah pencinta arsitektur adalah taman Sukiyabashi. 

Taman kecil ini awalnya dibuat untuk melengkapi sekolah dasar Taimei sebagai tempat evakuasi saat terjadi bencana. 

Namun, pada 2016, taman ini direnovasi dan berubah menjadi ruang santai yang baru.

Yang menarik, di taman ini tersimpan menara jam yang diberi nama Young Clock Tower karya Taro Okamoto, yang merupakan seniman Jepang terkemuka abad ke-20. 

Halaman Berikutnya

Halaman:

Kompas.com Play

Lihat Semua
Expand player
Komentar
Dapatkan hadiah utama Smartphone dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!
Tulis komentar Anda...
Lihat komentar tentang artikel ini di Bagian Komentar!