Bunga Bangkai Asal Indonesia Kembali Mekar di Jepang

Khalayak Jepang berduyun-duyun menyaksikan mekarnya bunga bangkai raksasa. Copyright © 2009 National Museum of Nature and Science, Tokyo. All Rights Reserved

OhayoJepang - Titan arum, dikenal sebagai bunga terbau dan tertinggi di dunia, mekar di Taman Botani Tsukuba, timur laut Tokyo.

Cantiknya, Lautan Bunga Petunia Warnai Taman di Jepang

Karena baunya yang seperti bangkai, titan arum juga disebut "bunga bangkai." Sejak Juni 2018, ini adalah kali ke-5 tanaman tersebut mekar di kota Tsukuba, Prefektur Ibaraki. Tanaman tersebut memang jarang berbunga.

Tanaman ini adalah spesies langka dalam keluarga Araceae yang berasal dari pulau Sumatera, Indonesia. Bunga majemuknya yang besar dapat tumbuh melebihi tiga meter.

Orang Jepang menyebut Titan arum sebagai "Shokudai Okonnyaku" karena bentuknya menyerupai "shokudai" atau kandil.

Melansir dari situs Taman Botani Tsukuba, tanaman tersebut tumbuh 2,32 meter dan berdiameter 86 sentimeter.

Karena bunga titan arum paling bagus disaksikan selama tiga hari setelah mekar, Taman Botani Tsukuba memperpanjang jam bukanya, mulai dari pukul 8.30 pagi hingga pukul 5 petang sampai 21 Januari 2020.

Walaupun biasanya tutup setiap Senin, fasilitas botani ini juga buka pada 20 Januari kemarin. Untuk info lebih lanjut, hubungi Taman Botani Tsukuba di 029-851-5159 (Bahasa Jepang).

Tsukuba Botanical Garden

Kompas.com Play

Lihat Semua
Expand player
Komentar
Dapatkan hadiah utama Smartphone dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!
Tulis komentar Anda...
Lihat komentar tentang artikel ini di Bagian Komentar!