Budaya Onsen Jepang, Berendam di Pemandian Air Panas Saat Musim Gugur

Ilustrasi onsen dengan pemandangan musim gugur di Jepang. (DOK. PHOTO-AC) DOK. PHOTO-AC

Musim gugur atau disebut koyo (紅葉) menjadi pesta visual bagi orang Jepang berkat perubahan warna dedaunan serta menjalankan salah satu tradisi berharga yaitu berendam di onsen.

Kombinasi kesegaran udara musim gugur dan kehangatan sumber air panas alami menciptakan pengalaman tak tertandingi yang menarik penduduk lokal dan wisatawan.

Baca juga: 3 Kota Onsen di Gunma, Salah Satunya Terbaik Se-Jepang Selama 18 Tahun

Budaya berendam di onsen

Onsen atau sumber air panas, merupakan bagian tak terpisahkan dari budaya Jepang, menawarkan perpaduan unik antara relaksasi, manfaat kesehatan, dan interaksi sosial.

Sumber air panas alami tersebar di seluruh negeri, masing-masing dengan komposisi mineral dan khasiat penyembuhannya sendiri.

Orang Jepang telah lama percaya pada manfaat terapeutik onsen yang dikatakan dapat meringankan penyakit, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

Berendam di onsen berakar kuat dalam tradisi.

Sebelum memasuki pemandian umum, pengunjung harus membersihkan diri secara menyeluruh, sebuah ritual yang menggarisbawahi pentingnya kemurnian dan rasa hormat dalam budaya Jepang.

Begitu masuk, suasana yang tenang dan pelukan lembut air hangat memberikan suasana yang sempurna untuk refleksi dan peremajaan.

Baca juga: Panduan Wisata di Ginzan Onsen Yamagata Jepang, Kota Onsen Mirip Spirited Away

Musim gugur cocok untuk berendam di onsen

Musim gugur bisa dibilang merupakan waktu terbaik untuk merasakan onsen di Jepang.

Saat suhu turun, kontras antara udara dingin dan mata air panas yang mengepul menjadi lebih jelas, meningkatkan pengalaman secara keseluruhan.

Halaman Berikutnya

Halaman:

Kompas.com Play

Lihat Semua
Expand player
Komentar
Dapatkan hadiah utama Smartphone dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!
Tulis komentar Anda...
Lihat komentar tentang artikel ini di Bagian Komentar!