Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

4 Restoran “Kare Udon” Berkuah Kental yang Lezat di Wilayah Tokai

Kompas.com - 1/Dec/2018, 16:00 WIB
“Kashiwa ten-kare ~Ena-dori~”
“Kashiwa ten-kare ~Ena-dori~”

OhayoJepang - Empat restoran berikut ini menawarkan kare udon dengan rasa yang berbeda-beda. Perbedaan itu mulai dari karakteristik kuah yang spicy hingga creamy, juga macam-macam topping serta campuran tepung yang digunakan.

Kali ini kami akan perkenalkan beberapa variasi kare udon (jenis mi dari tepung terigu berbentuk tebal dan agak lebar, dengan kuah kare Jepang) yang dapat dinikmati di wilayah Tokai.

Udon dengan sudut tajam yang dinikmati dengan gaya tsuke-men

Udon dari “Eguchi” (Nagoya-shi, Naka-ku) dibuat dengan hati-hati mulai dari pencampuran tepung hingga cara memotong dan cara merebusnya. Hal ini dilakukan agar sudut potongan mi tetap terasa meski telah direbus.

Setelah direbus, mi akan dicuci dengan air dingin. Dengan cara begitu, udon dengan kekenyalan maksimal pun siap disajikan. Untuk menikmati rasa asli mi, terlahir cara baru untuk mencicipi mi yaitu dengan mencelupkannya ke kuah kare yang kental.

“Kare tsuke-udon”
“Kare tsuke-udon”

Kare dimasukkan ke dalam mangkuk dari batu yang telah dipanaskan, sehingga suhu kare tidak akan turun meskipun dicelupi udon yang dingin. “Kare tsuke-udon” bisa dibeli dengan harga 850 yen.

Informasi tempat:
Eguchi
Alamat: Aichi-ken, Nagoya-shi, Naka-ku, Osu 4-11-44 Chisan Mansion Kamimaezu lantai 1
Jam Operasional: 11:30-15:00(pemesanan terakhir 14:30, 17:30-23:00(pemesanan terakhir 22:30)
Libur: Tidak pasti

Kare udon untuk orang dewasa dengan rasa pedas dari rempah

“Kamaage Udon Suzuya” (Aichi-ken, Ichinomiya-shi), merupakan restoran yang dijalankan oleh pemilik restoran yang pernah belajar untuk membuat kare udon di salah satu restoran kare udon terkenal di Osaka. Dari tempat belajarnya, ia mendapatkan cara membuat kare pedas untuk orang dewasa yang merupakan hasil campuran rempah rahasia dan dashi (kaldu dasar masakan Jepang).

Bawang bombai yang renyah memberikan tekstur yang unik. Untuk mendapatkan udon dengan hasil akhir yang kenyal, restoran ini menyiapkan mi setiap dini hari. Adonan udon selalu ditarik, dipotong, dan dibuat selama jam buka restoran.

“Kashiwa ten-kare ~Ena-dori~”
“Kashiwa ten-kare ~Ena-dori~”

Hidangan “Kashiwa ten-kare ~Ena-dori~” dengan harga 1112 yen menggunakan tempura ayam Ena-dori yang besar sebagai topping. Hidangan ini pun begitu mengenyangkan. Untuk satu porsi berisi lebih dari 300 gram udon. Jumlah ini pasti akan sangat memuaskan bahkan untuk laki-laki dengan nafsu makan yang tinggi.

Pembuatan udon
Pembuatan udon

Resep Sanuki udon yang sudah ada sejak lama digunakan sebagai dasar pembuatan. Hasilnya adalah udon dengan aroma gandum yang kuat.

Informasi tempat:
Kamaage Udon Suzuya
Alamat: Aichi-ken, Ichinomiya-shi, Oku-cho, Miyahigashi 43-1
Jam Operasional: 11:30-14:00, 17:30-19:30 *tutup setelah habis
Libur: Hari Senin dan Selasa (pertama dan ketiga)

Harmoni luar biasa kare dan mi pipih lebar

“Teuchi Udon Miso Nikomi Udon Minoya” atau  “Handmade Udon dan Udon Kuah Miso Minoya” (Aichi-ken, Toyoyama-cho) merupakan restoran udon yang membedakan empat jenis mi yang dibuat dengan tangan. Mi dibuat dengan 50 persen tepung gandum utuh. Mi ini memiliki hasil akhir yang kuat.

Memikirkan keseimbangannya dengan mi, kare yang direbus dengan banyak sayuran pun hadir. Rasa dari paduan antara kare dan udon tsuyu (bahan dasar untuk sup yang digunakan pada udon)  terkenal di berbagai kalangan tanpa peduli usia.

“Yasai Kare Nikomi”
“Yasai Kare Nikomi”

“Yasai Kare Nikomi” seharga 1100 yen dengan topping sayuran warna-warni koushin daikon atau daikon merah, brokoli, terung, labu, tomat, dan lainnya.

Informasi tempat:
Teuchi Udon Miso Nikomi Udon Minoya
Alamat: Aichi-ken, Nishikasugai-gun, Toyoyama-cho, Toyoba Nagaregawa 189
Jam Operasional: 11:30-13:40, 18:00-20:30, hari libur nasional 11:30-14:00
Libur: Hari Kamis dan Rabu (kedua dan ketiga)

Menikmati perpaduan masterpiece udon dengan double soup

Di “Fukumuraya” (Mie-ken, Komono-cho), Anda dapat memesan kare udon, yang juga dipesan oleh 90 persen pelanggan, dari menu di papan. Kare dibuat dengan campuran rempah yang ditambahkan double soup. Kuah double soup ini merupakan sup berbahan dasar seafood berupa perpaduan antara sup berbahan dasar ikan katsuo dengan sup berbahan dasar tulang ayam yang orisinal.

Di balik rasanya yang pedas, tersembunyi rasa yang lezat. Udon yang digunakan merupakan sebuah maha karya yang pembuatannya memakan waktu 3 hari.

“Yaki Chiizu Kare”
“Yaki Chiizu Kare”

Keju yang meleleh di atas kuah kare yang kental membuat kuah menjadi creamy. Kare terasa ringan di mulut, tetapi rempahnya akan membuat kita meneteskan keringat. “Yaki Chiizu Kare”  bisa dibeli dengan harga 900 yen

Informasi tempat:
Fukumuraya
Alamat: Mie-ken, Mie-gun, Komono-cho, Fukumura 421-1
Jam Operasional: 11:00-14:00, 17:00-20:30 *tutup setelah habis
Libur: Hari Senin dan Rabu ketiga

Provided by Japan Walker™, Tokai Walker™ (31 August 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR