Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

5 Oleh-oleh Fukuoka yang Populer di Kalangan Warga Lokal

Kompas.com - 20/Oct/2018, 14:19 WIB
Kue “I’m Doraemon Niwaka Senbei”
Kue “I’m Doraemon Niwaka Senbei”

OhayoJepang - Saat berlibur ataupun perjalanan bisnis, biasanya kita kerap bingung memilih oleh-oleh apa yang akan dibeli. Apalagi jika berkunjung ke kota yang merupakan gudang kuliner seperti Fukuoko. Ekspektasi kita pun semakin tinggi.

Agar Anda tidak bingung membeli oleh-oleh di Fukuoka, kami akan memperkenalkan oleh-oleh dari Fukuoka yang digemari oleh warga lokal maupun wisatawan.

"Hakata no Ishidatami (Cake)" dari toko “Chocolate Shop”

Camilan ini memakai bahan kue spons yang ringan dengan rasa lembut.
Camilan ini memakai bahan kue spons yang ringan dengan rasa lembut.

Dari semua kue yang dijual di toko ini, “Hakata no Ishidatami” yang menggunakan cokelat dalam jumlah banyak adalah yang paling populer. Kue ini terdiri dari lima lapisan, termasuk chocolate sponge, chocolate mousse, dan juga krim segar. Bagian permukaannya dilapisi dengan lelehan cokelat tipis serta bubuk cokelat.

Penampilannya yang halus dan sederhana membuatnya terlihat cantik dan menarik perhatian. Nama kue ini berasal dari gambaran jalanan di depan Stasiun Hakata yang disusun dengan batu cobble (dalam bahasa Jepang disebut ishidatami) yang dilihat oleh pemilik toko sewaktu kecil.

Berbeda dengan nama dan penampilannya yang terlihat berat, adonan kue ini sangat ringan. Kue ini merupakan paduan mousse yang lembut, adonan yang basah, dan krim segar yang meleleh. Ada sensasi kenikmatan rasa cokelat yang meleleh begitu kue dimasukan ke mulut. Ukuran besar dijual dengan harga 1.836 yen dan ukuran kecil 432 yen.

"Fondant Fromage" dari toko Akai Fusen

“Fondant Fromage”, perpaduan sempurna adonan souffle (adonan berbahan dasar telur) yang halus dan krim keju yang lembut
“Fondant Fromage”, perpaduan sempurna adonan souffle (adonan berbahan dasar telur) yang halus dan krim keju yang lembut

"Fondant Fromage" adalah produk andalan toko Akai Fusen. Tahun ini, toko Akai Fusen akan memperingati perayaan ulang tahun ke-50. Kue ini diperbaharui pada Juli 2018 kemarin. Kue ini pun terlahir kembali dengan tekstur yang lebih halus dan lembut di lidah. Kue ini bisa dibeli dengan harga 1.728 yen.

Perpaduan sempurna dari adonan souffle yang halus dan krim keju yang lembut. Produk yang sangat menggoda bagi pecinta cheesecake. Rasanya begitu kaya akan susu karena menggunakan susu sapi jersey (salah satu jenis sapi perah) dari Aso yaitu sapi Kumamoto, campuran keju Camembert, dan Mascarpone. Selain itu, kue ini mengandung krim keju nikmat yang kaya akan rasa. Tentunya sang penerima oleh-oleh pun akan merasa senang.

Produk lainnya adalah "Strawberry Fondant Fromage" seharga 1.728 yen. Krim custard stroberi yang kuat ditambahkan dengan saus stroberi Hakata Amaou (salah satu jenis stroberi) ini menciptakan rasa yang fruity dan segar. Selain tampilannya yang menarik, sensasi rasa menggunakan stroberi Hakata Amaou juga menambah daya tarik produk yang satu ini.

“I’m Doraemon Niwaka Senbei” dari toko “Niwaka Senpei Honpo Toundo”

Kue “I’m Doraemon Niwaka Senbei”
Kue “I’m Doraemon Niwaka Senbei”

"Niwaka Senpei Honpo Toundo" adalah toko yang banyak menarik perhatian karena selalu mengeluarkan produk orisinal bertema karakter tokoh manga atau animasi tertentu. Produk “I’m Doraemon Niwaka Senbei” yang mulai dijual pada April 2017 adalah produk dengan motif karakter Doraemon yang terkenal di seluruh Jepang. Produk ini dijual dengan harga 648 yen, terdiri dari 4 kotak dengan isi 3 buah per kotaknya.

Penerima hadiah pasti akan senang menerima kue Niwakasenbei orisinal bersamaan dengan produk bertema karakter ini. Produk ini bisa juga dijadikan sebagai topeng Doraemon yang menjadikannya semacam alat penghibur. Oleh karena itu, produk ini bisa dinikmati dengan dilihat, dimainkan, dan tentu saja dimakan. Jika memakainya sebagai topeng, siapa pun akan berubah menjadi Doraemon yang diidam-idamkan. Cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga yang punya anak kecil.

Tampilannya yang lucu telah menjadi buah bibir di media sosial. Bukan hanya gambar muka Doraemon pada biskuit, tetapi bungkusnya yang terlihat retro ala zaman Showa (1926-1989) juga lucu. Produk ini juga dijual online, sehingga para pecinta Doraemon bisa melihat-lihat terlebih dahulu.

"Hakata Gyokuro Manju" dari toko “Meigetsudo”

“Hakata Gyokuro Manju
“Hakata Gyokuro Manju

“Hakata Gyokuro Manju" merupakan kue manju ini dibuat dengan menggunakan daun teh kualitas terbaik yang bahkan membuat toko penjual teh juga terkesan. Produk ini menggunakan Yamecha, yaitu teh khas Fukuoka yang memiliki rasa manis khas yang kental dan rasa pahit yang tidak terlalu kentara. Teh terbaik ini dibudidayakan di Kota Kuroki, Oku-yame, dengan lingkungan alam yang masih asri.

Di antara daun teh tersebut, terdapat teh dengan kualitas tertinggi (disebut Gyokuro dalam bahasa Jepang). Teh tersebut dijadikan pasta dan dicampurkan ke pasta kacang merah. Hal ini menjadikan kue ini sebagai kue mewah.

Rasa manis yang kuat dari daun teh gyokuro dipadukan dengan krim segar menambahkan kenikmatan rasanya. Tambahan lagi dengan adonan teh hijau yang melapisinya menciptakan keseimbangan rasa yang pas untuk kue ini.

Saat digigit, aroma segar dari teh dan rasa manis yang lembut dari pasta kacang yang dicampur dengan krim segar akan menyebar ke seluruh bagian mulut. Selain teh, kue ini juga bisa dinikmati bersama teh hitam dan kopi. Kue ini dijual dengan harga mulai dari 1.080 yen isi 6 buah sampai 3.240 yen isi 18 buah.

“Hakata Potato” dari toko “Nikakudo”

Hakata Potato. Selain yang ada di foto, ada juga Murasaki-imo Potato.
Hakata Potato. Selain yang ada di foto, ada juga Murasaki-imo Potato.

"Hakata Potato" adalah dessert rasa ubi bakar yang mengandung semua kenikmatan ubi bakar seperti rasa manis dan pulen. Bahan utamanya adalah ubi jalar buatan Kyushu yang mengeluarkan rasa manisnya keluar saat dipanggang. Ubi yang telah dipanggang dalam waktu lama kemudian diolah menjadi pasta, dipanggang kembali sehingga rasa manisnya semakin bertambah.

Sedikit berbeda dengan ubi jalar biasa, tekstur ubi ini lebih pulen dan lembut sehingga terasa lebih nikmat. Ubi jalar dengan rasa manis alami dan aromanya yang sederhana menjadikannya cocok sebagai camilan anak-anak. Kue ini dijual dengan harga mulai dari 562 yen isi 4 buah sampai 3.132 yen isi 20 buah.  

Produk lainnya adalah “Hakata Murasaki-imo Potato” yang dibuat dari ubi ungu produksi Kyushu juga semakin populer. Perpaduan dua produk dijual mulai dari 865 yen isi 6 buah sampai 3.132 yen isi 20 buah. Kue ini dapat dimakan langsung. Namun akan lebih baik bila menikmatinya dengan memanaskannya dengan pemanggang atau dihangatkan dalam microwave.

Provided by Japan Walker™, Kyushu Walker™ (15 August 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR