Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Catat, Ini Jadwal Puncak Musim Perubahan Warna Dedaunan Musim Gugur Tahun 2018

Kompas.com - 4/Oct/2018, 19:08 WIB
Musim gugur di Jepang
Lihat Foto
Musim gugur di Jepang

OhayoJepang - September merupakan bulan peralihan saat hawa panas mulai berkurang dan hari-hari dengan hawa sejuk musim gugur semakin bertambah. Perusahaan Weather News Inc. Jepang mengeluarkan prakiraan koyo (perubahan warna dedaunan musim gugur) pertama pada 5 September 2018 kemarin.

Prakiraan perubahan warna dedaunan di bagian utara Jepang dan daerah Kanto akan lebih lambat sekitar empat sampai tujuh hari dibandingkan tahun lalu. Sementara itu, perubahan warna dedaunan di bagian timur (selain area Kanto) dan barat Jepang akan relatif sama dengan tahun lalu.

Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018
Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018

Hal yang paling mempengaruhi periode perubahan warna daun adalah suhu musim gugur. Bila suhunya rendah maka perubahan warna daun akan semakin cepat dan bila suhunya tinggi maka perubahan warna daun akan semakin lambat.

Pada musim gugur ini diprakirakan hawa panas di daerah Hokkaido sampai daerah Kinki akan berlanjut. Selain itu, disebutkan bahwa bulan Oktober pun daerah Hokkaido dan Tohoku suhunya akan lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Oleh karena itu, di pegunungan yang letaknya lebih tinggi dari permukaan laut di bagian utara dan timur Jepang yang seharusnya memiliki peak season (puncak musim) perubahan warna daun musim gugur pada bulan September sampai Oktober kemungkinan akan mengalami keterlambatan.

Di lain pihak, bagian timur dan barat Jepang yang diprakirakan akan memiliki suhu yang sama dengan tahun lalu pada bulan Oktober sampai Desember, memiliki peak season perubahan warna daun musim gugur pada periode yang sama dengan tahun lalu. Hanya saja, untuk area Kanto suhu bulan November diprakirakan akan lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, sehingga di daerah dataran rendah peak season perubahan warna daun musim gugur akan mengalami keterlambatan.

Selain itu, tahun ini di Jepang banyak faktor lain yang mempengaruhi, seperti suhu panas yang tinggi, angin taifun yang datang silih berganti, hingga hujan deras yang melanda kebanyakan daerah di bagian barat Jepang pada bulan Juli. Dengan banyaknya faktor lain ini, perusahaan Weather News mengadakan survei mengenai keadaan daun melalui aplikasi smartphone bernama “Weather News Touch”. Hasil survei dari 2.129 responden di seluruh Jepang menunjukkan bahwa meskipun di bagian barat Jepang keadaan dedaunan tidak begitu bagus, diprakirakan tidak ada pengaruh yang besar terhadap penurunan warna daun secara keseluruhan.

Prakiraan "Peak Season" Dedaunan Musim Gugur Area Hokkaido

Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018
Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018

Secara keseluruhan, diprakirakan peak season akan terlambat karena suhu tinggi di musim gugur. Di gunung Asahidake diperkirakan peak season akan terjadi sekitar 15 September dan di taman Hakodate akan terjadi sekitar awal November. (Sumber: Weather News)

Area Hokkaido mulai banyak diselimuti hawa sejuk musim dingin sejak pertengahan Agustus. Di daerah Gunung Asahidake bahkan perubahan warna daun sudah bisa dinikmati di satu area. Namun, karena suhu bulan Oktober diprakirakan akan lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, di banyak tempat terkenal untuk menikmati perubahan daun musim gugur ini, diprakirakan akan terlambat.

Prakiraan "Peak Season" Dedaunan Musim Gugur Area Tohoku

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.