Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Catat, Ini Jadwal Puncak Musim Perubahan Warna Dedaunan Musim Gugur Tahun 2018

Kompas.com - 4/Oct/2018, 19:08 WIB
Musim gugur di Jepang
Musim gugur di Jepang

OhayoJepang - September merupakan bulan peralihan saat hawa panas mulai berkurang dan hari-hari dengan hawa sejuk musim gugur semakin bertambah. Perusahaan Weather News Inc. Jepang mengeluarkan prakiraan koyo (perubahan warna dedaunan musim gugur) pertama pada 5 September 2018 kemarin.

Prakiraan perubahan warna dedaunan di bagian utara Jepang dan daerah Kanto akan lebih lambat sekitar empat sampai tujuh hari dibandingkan tahun lalu. Sementara itu, perubahan warna dedaunan di bagian timur (selain area Kanto) dan barat Jepang akan relatif sama dengan tahun lalu.

Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018
Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018

Hal yang paling mempengaruhi periode perubahan warna daun adalah suhu musim gugur. Bila suhunya rendah maka perubahan warna daun akan semakin cepat dan bila suhunya tinggi maka perubahan warna daun akan semakin lambat.

Pada musim gugur ini diprakirakan hawa panas di daerah Hokkaido sampai daerah Kinki akan berlanjut. Selain itu, disebutkan bahwa bulan Oktober pun daerah Hokkaido dan Tohoku suhunya akan lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Oleh karena itu, di pegunungan yang letaknya lebih tinggi dari permukaan laut di bagian utara dan timur Jepang yang seharusnya memiliki peak season (puncak musim) perubahan warna daun musim gugur pada bulan September sampai Oktober kemungkinan akan mengalami keterlambatan.

Di lain pihak, bagian timur dan barat Jepang yang diprakirakan akan memiliki suhu yang sama dengan tahun lalu pada bulan Oktober sampai Desember, memiliki peak season perubahan warna daun musim gugur pada periode yang sama dengan tahun lalu. Hanya saja, untuk area Kanto suhu bulan November diprakirakan akan lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, sehingga di daerah dataran rendah peak season perubahan warna daun musim gugur akan mengalami keterlambatan.

Selain itu, tahun ini di Jepang banyak faktor lain yang mempengaruhi, seperti suhu panas yang tinggi, angin taifun yang datang silih berganti, hingga hujan deras yang melanda kebanyakan daerah di bagian barat Jepang pada bulan Juli. Dengan banyaknya faktor lain ini, perusahaan Weather News mengadakan survei mengenai keadaan daun melalui aplikasi smartphone bernama “Weather News Touch”. Hasil survei dari 2.129 responden di seluruh Jepang menunjukkan bahwa meskipun di bagian barat Jepang keadaan dedaunan tidak begitu bagus, diprakirakan tidak ada pengaruh yang besar terhadap penurunan warna daun secara keseluruhan.

Prakiraan "Peak Season" Dedaunan Musim Gugur Area Hokkaido

Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018
Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018

Secara keseluruhan, diprakirakan peak season akan terlambat karena suhu tinggi di musim gugur. Di gunung Asahidake diperkirakan peak season akan terjadi sekitar 15 September dan di taman Hakodate akan terjadi sekitar awal November. (Sumber: Weather News)

Area Hokkaido mulai banyak diselimuti hawa sejuk musim dingin sejak pertengahan Agustus. Di daerah Gunung Asahidake bahkan perubahan warna daun sudah bisa dinikmati di satu area. Namun, karena suhu bulan Oktober diprakirakan akan lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, di banyak tempat terkenal untuk menikmati perubahan daun musim gugur ini, diprakirakan akan terlambat.

Prakiraan "Peak Season" Dedaunan Musim Gugur Area Tohoku

Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018
Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018

Terdapat beberapa daerah yang puncak musim lebih lambat dari tahun lalu. Oleh karena itu, tempat terkenal dengan peak season yang lebih lambat dari tempat lainnya akan memiliki jadwal peak season yang sama dengan tahun lalu. (Sumber: Weather News)

Pada bulan September sampai Oktober, area Tohoku diprakirakan memiliki suhu yang lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Sementara itu, suhu bulan November diprakirakan akan sama dengan tahun lalu, sehingga daerah terkenal di dataran rendah dengan peak season yang lambat seperti taman Kasumiga-jo di prefektur Fukushima, akan mengalami peak season yang sama dengan tahun sebelumnya.

Prakiraan "Peak Season" Dedaunan Musim Gugur Area Kanto

Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018
Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018

Di pegunungan yang ada di area Kanto bagian Utara peak season perubahan warna daun musim gugur akan sama dengan tahun sebelumnya, sedangkan di dataran rendah akan lebih lambat. (Sumber: Weather News)

Di area Kanto, diprakirakan suhu bulan Oktober akan sama seperti tahun sebelumnya, sehingga peak season dedaunan musim gugur di pegunungan yang ada di bagian utara area ini diperkirakan akan sama dengan tahun sebelumnya. Salah satu pegunungannya adalah Iroha Saka yang ada di prefektur Tochigi.

Sementara itu, suhu bulan November diprakirakan akan lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, sehingga peak season di dataran rendah seperti taman Ueno akan mengalami keterlambatan dibandingkan dengan tahun lalu.

Prakiraan "Peak Season" Dedaunan Musim Gugur Area Chubu

Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018
Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018

Peak season dedaunan musim gugur di pegunungan akan lebih lambat dari tahun sebelumnya, dan di dataran rendah akan sama dengan tahun sebelumnya. (Sumber: Weather News)

Area Chubu diperkirakan memiliki suhu yang lebih tinggi dibandingkan tahun lalu pada bulan September. Oleh karena itu, daerah dataran tinggi dengan pegunungan seperti Nagano dan Hokuriku, peak season akan lebih lambat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sementara itu, suhu bulan Oktober dan November akan sama seperti tahun lalu, sehingga tempat terkenal untuk menikmati dedaunan musim gugur seperti Korankei di prefektur Aichi dan dataran rendah di area Koushin-Hokuriku diprakirakan akan memiliki peak season sama seperti tahun lalu.

Prakiraan "Peak Season" Dedaunan Musim Gugur Area Kinki

Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018
Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018

Peak season diprakirakan akan sama dengan tahun kemarin, dan kita bisa menikmati pemandangan dedaunan musim gugur yang berwarna-warni di sini. (Sumber: Weather News)

Hawa panas akan terus berlanjut sampai dengan bulan September di area Kinki, karena diprakirakan suhu bulan Oktober dan Desember akan sama dengan tahun lalu, maka peak season untuk menikmati dedaunan musim gugur di berbagai daerah akan sama dengan tahun lalu.

Di dataran tinggi seperti gunung Koya di prefektur Wakayama, peak season dapat dinikmati dari akhir bulan Oktober, sedangkan di dataran rendah peak season akan dimulai dari pertengahan November.

Prakiraan "Peak Season" Dedaunan Musim Gugur Area Chugoku

Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018
Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018

Di daerah Daisen peak season dimulai dari akhir Oktober, sedangkan di daerah Miyajima peak season dimulai dari pertengahan November. (Sumber: Weather News)

Masing-masing daerah yang terletak di area Chugoku diprakirakan memiliki peak season yang sama dengan tahun kemarin. Di dataran tinggi seperti daerah Daisen prefektur Tottori, peak season akan dimulai sejak akhir Oktober, sedangkan di dataran rendah dan pantai seperti Miyajima prefektur Hiroshima, peak season akan dimulai sejak pertengahan November.

Prakiraan Peak Season Dedaunan Musim Gugur Area Shikoku

Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018
Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018

Suhu dan peak season dedaunan musim gugur di sini sama dengan tahun sebelumnya, di dataran tinggi peak season dimulai dari pertengahan Oktober. (Sumber: Weather News)

Suhu bulan Oktober di area Shikoku sama dengan tahun sebelumnya, sehingga peak season untuk melihat dedaunan musim gugur pun sama dengan tahun lalu. Di dataran tinggi seperti gunung Tsurugi prefektur Tokushima peak season akan dimulai dari pertengahan Oktober, dan di dataran rendah seperti taman Ritsurin prefektur Kagawa peak season akan dimulai sejak pertengahan November.

Prakiraan "Peak Season" Dedaunan Musim Gugur Area Kyushu

Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018
Jadwal Puncak Musim Gugur di Jepang Tahun 2018

Peak season daerah Unzen dimulai sejak akhir Oktober. Sedangkan, peak season di dataran rendah adalah pertengahan November.

Suhu di area Kyushu dari bulan Oktober ke belakang sama dengan tahun sebelumnya, sehingga peak season dedaunan musim gugur di masing-masing daerah sama dengan tahun lalu. Di wilayah pegunungan seperti daerah Unzen di prefektur Nagasaki peak season dimulai dari akhir Oktober, dan di dataran rendah peak season dimulai dari pertengahan November.

Di beberapa tempat terkenal untuk menikmati dedaunan musim gugur di bagian Barat Jepang, terdapat kemungkinan beberapa jalan ditutup karena dipengaruhi oleh hujan deras yang melanda bagian Barat Jepang. Bila musim untuk menikmati dedaunan musim gugur sudah dekat, bersamaan dengan prakiraan peak season, sebaiknya cek juga keadaan transportasi daerah tersebut.

Provided by Japan Walker™, Tokyo Walker™ (13 September 2018)

 

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR