Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

3 Pilihan Hamburger Berbahan Khas Jepang di Kyoto dan Osaka

Kompas.com - 30/Aug/2018, 10:11 WIB
Eel Burger Plate / Chameleon Kitchen
Eel Burger Plate / Chameleon Kitchen

OhayoJepang - Kolaborasi unik antara bahan khas Jepang dan hamburger. Burger unik yang dibuat dari bahan-bahan khas daerah dan berbagai olahan terbaik kedai ada di restoran-restoran di Kyoto dan Osaka berikut ini. Mereka seakan-akan hendak memutarbalikkan citra hamburger yang biasa.

Burger nikmat dengan belut berkualitas

“Chameleon Kitchen” yang didirikan pada tahun 1947 (Tahun Showa 22), awalnya merupakan toko grosir yang menyediakan belut dan menu olahan yang unik, seperti belut katsu dan lainnya. Salah satunya adalah “Burger Belut”.

Burger ini memakai roti focaccia (roti khas Italia) buatan sendiri. Lalu dilengkapi dengan saus telur lada Jepang. Karena restoran ini adalah toko grosir, maka harganya juga terjangkau.

Belut panggang bumbu shoyu yang besar dengan saus telur lada Jepang disusun di antara roti focaccia buatan sendiri. Hidangan “Eel Burger Plate” ini seharga 1.300 yen, dilengkapi dengan sup, salad dan minuman.

Belut dipanggang dengan bumbu shoyu/ Chameleon Kitchen
Belut dipanggang dengan bumbu shoyu/ Chameleon Kitchen

Belut yang digunakan merupakan impor dari Perancis. Aroma sedap dan rasa manisnya berpadu dengan harmonis.

Saus telur / Chameleon Kitchen
Saus telur / Chameleon Kitchen

Saus telur dengan lada Jepang buatan sendiri juga merupakan khas Jepang.

Kazuhiro Matsushita / Chameleon Kitchen
Kazuhiro Matsushita / Chameleon Kitchen

"Saya ingin anak-anak muda makan belut dengan santai", kata manajer toko, Kazuhiro Matsushita.

Sementara itu, Shintaro Yabu dari West Japan Hamburger Association menuturkan, "Burger di luar nalar dalam artian yang positif. Cicipilah kombinasi belut panggang dengan daging yang tebal dan saus telur lada yang ringan.”

Area di dalam toko / Chameleon Kitchen
Area di dalam toko / Chameleon Kitchen

Area dalam toko yang luas dapat digunakan untuk pesta maupun resepsi pernikahan. Tersedia ruangan setengah privat dan area teras bisa dipilih jika Anda ingin menikmati makan bersama hewan peliharaan.

Untuk menu hamburger hanya tersedia "Eel Burger Plate". Minuman yang patut dioba "Grapefruit Juice" (400yen), "Ginger High Ball" (480yen), dan lainnya (ada sekitar 90 jenis minuman).

Chameleon Kitchen
Alamat: 2-1-41 Fukushima, Fukushima-ku, Kota Osaka, BREEZECOURT 1F
Jam operasional: 11: 30 - 14: 00 (pemesanan terakhir), 17: 30 - 24: 00 (pemesanan terakhir 23: 00 )
Hari libur: Minggu
Jumlah kursi: 60 kursi
Aturan merokok: ruangan terpisah
Tempat parkir: Tidak ada
Akses: 7 menit jalan kaki dari Stasiun JR Fukushima

Burger penuh dengan bahan khas Kyoto

Kedai "Dragon Burger" menyajikan hamburger dengan resep dari Koki Adam Rawson. Ia adalah pemenang selama dua tahun berturut-turut dalam turnamen hamburger yang diadakan di London, Inggris.

Manager Toko, Pak Yoshitsugu Amano (Dragon Burger)
Manager Toko, Pak Yoshitsugu Amano (Dragon Burger)

Anda dapat menikmati hamburger orisinal yang dibuat menggunakan pasta kedelai Saikyo Miso dan sayuran khas Kyoto. Roti buatan sendiri dengan tepung beras pilihan, patty dari 100 persen daging sapi giling, dan saus buatan sendiri. Semuanya menggunakan bahan terbaik.

Yuzu Pepper Burger (depan), Cacao BBQ Burger (belakang) / Dragon Burger
Yuzu Pepper Burger (depan), Cacao BBQ Burger (belakang) / Dragon Burger

Pada foto di atas, tampak depan adalah "Yuzu Pepper Burger" dengan harga 1.200yen. Paduan bumbu jeruk Yuzu dan lada serta saus cabai manis membuat rasa patty dari daging sapi asli ini semakin nikmat.

"Lobak Shogoin" yang segar, "daun bawang Kujo" bertekstur lembut, ditambah dengan kombinasi yang berbeda dari "bumbu mayonaise jeruk Yuzu dan lada serta saus cabai manis".

Sementara itu, tampak belakang adalah "Cacao BBQ Burger" dengan harga 1.300yen. Chef Rawson menggunakan saus buatan sendiri yang menjadi juara dalam kompetisi internasional. Hidangan dengan aroma daging bakar dan rasa pedas.

"Saus rumahan" yang dibuat dari campuran cokelat dengan kadar kakao 80 persen, pasta miso Saikyo, dan irisan acar sayur khas Kyoto. Saus "Wasabi Mayo" yang khas Jepang dengan rasa yang tidak terlalu pedas dan aman untuk anak-anak.

"Saus buatan sendiri dengan campuran daun bawang Kujo, acar khas Kyoto dan bahan lainnya yang cukup sulit untuk digabungkan menjadi satu. Sungguh luar biasa! Bisa dinikmati sambil berjalan-jalan atau saat santai," kata Mu-chan dari grup idol “Hamburgirl Z”.

Mini Burger / Dragon Burger
Mini Burger / Dragon Burger

"Mini burger" dengan harga 650 yen per buah atau 2.000 yen untuk empat buah. Pada foto di atas, tampak searah jarum jam dari kiri adalah rasa "Wasabi", "Yuzu Pepper", "Cacao BBQ", dan rasa "Dragon".

Es Matcha Sandwich / Dragon Burger
Es Matcha Sandwich / Dragon Burger

Untuk hidangan penutup, ada "Es Matcha Sandwich" yang manis dan lezat. Harganya 500 yen.

Interior bagian dalam toko/ Dragon Burger
Interior bagian dalam toko/ Dragon Burger

Bangunan restoran ini awalnya adalah bekas rumah zaman dahulu yang telah direnovasi. Selain area lantai pertama yang suasananya seperti kafe, ada juga lantai dua dengan ruangan bergaya Jepang yang modern. Letaknya hanya 5 menit berjalan kaki ke Kuil Tofukuji. Silakan mampir saat tamasya ke daerah ini.

Dalam menu hamburger tersedia "Dragon Burger" (1.000 yen), dan 5 jenis lainnya. Minuman yang patut dicoba adalah "Calpis" (300 yen), "Glass Wine" (500 yen), dan lain-lain, total ada 30 jenis minuman.

Dragon Burger
Alamat: 13-243 Honmachi, Higashiyama-ku, Kyoto
Jam operasional: 8: 00-23: 00 (pemesanan terakhir 22: 30)
Hari libur: tidak ada
Jumlah kursi: 60 kursi
Aturan merokok: tidak merokok
Tempat parkir: tidak ada
Akses: 1 menit berjalan kaki dari Stasiun JR Tofukuji Temple

Patty tahu dan asinan sayuran

"CROSS Burger & Beer / Coffee" membalikkan konsep hamburger dengan menyediakan burger elegan. Burger ini disajikan seperti afternoon tea yang instagenic.

“Kyo Veggie Burger” dengan patty tahu dan asinan sayuran yang disusun di antara roti hitam terbuat dari campuran arang bambu. Burger khas Arashiyama yang sehat dan populer di kalangan turis serta pelanggan perempuan. Burger juga dilengkapi dengan kentang dan salad yang mengenyangkan.

Kyo Veggie Burger (1780 yen) / CROSS Burger & Beer / Coffee
Kyo Veggie Burger (1780 yen) / CROSS Burger & Beer / Coffee

Untuk makan siang, Anda bisa pilih menu dengan harga sama yang dilengkapi dengan minuman. Pelanggan juga bisa memilih minuman beralkohol termasuk empat jenis bir.

Patty tahu baru digoreng setelah pesanan diterima. Asinan sayurannya dipasok dari toko asinan legendaris. Wortel dan biji kacang berbumbu yang renyah juga menjadi salah satu daya tariknya. Tambahan pasta wijen dengan jahe, burger ini makin khas Jepang.

"Patty tahu yang ringan ditambah sayuran renyah dan asinan sayur, dipadukan dengan saus buatan sendiri yang membuatnya makin nikmat. Sangat dianjurkan untuk perempuan karena menu ini sangat sehat," kata kata Mu-chan dari grup idol “Hamburgirl Z”.

Walaupun menjadi open space, suasana di dalam toko ini penuh dengan ketenangan karena letaknya setengah basement. Ada kursi counter di salah satu sisi yang berbentuk bar.

Hamburger ada tiga jenis seperti "Arashiyama Burger" (1580 yen), dan lainnya. Untuk topping ada tujuh jenis seperti tomat (120 yen), bawang bombay (100 yen), dan lainnya. Minuman yang bisa dicoba "Craft Beer"(850 yen) dan lainnya, total 35 jenis minuman.

CROSS Burger & Beer / Coffee
Alamat: 48 Kamikaidocho, Arashiyama, Nishikyo-ku, Kyoto, The Grand West Arashiyama 1F
Jam operasional: 11: 00-15: 00, 18: 00-23: 00
Hari libur: Rabu (jika Rabu adalah hari libur maka diganti hari lain)
Jumlah kursi: 24 kursi
Aturan merokok: tidak merokok
Tempat parkir: 4 unit (gratis) *sama dengan Grand West Arashiyama
Akses: 5 menit jalan kaki dari Stasiun Arashiyama

Provided by Japan Walker™, Kansai Walker™ (28 June 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR