Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

6 Pilihan Restoran Belut Bakar, Kuliner Wajib di Nagoya

Kompas.com - 9/Aug/2018, 08:17 WIB
O-Hitsumabushi
O-Hitsumabushi

OhayoJepang - Apakah Anda ingin mencoba hitsumabushi khas Jepang? Hitsumabushi merupakan hidangan berupa belut bakar berbumbu kecap asin Jepang yang disajikan di atas semangkuk nasi.

Belut yang baru saja dibakar mengeluarkan aroma begitu sedap. Sepertiga bagiannya dimakan begitu saja tanpa tambahan apapun. Kemudian sepertiga bagian berikutnya dimakan dengan menambahkan wasabi atau rumput laut.

Lalu sepertiga bagian yang terakhir dihabiskan dengan gaya chadzuke (menuangkan teh ke nasi). Terdengar mengugah selera, bukan?

Anda bisa merasakan tiga kali kelezatan dalam satu hidangan yang memang disebut sebagai raja dari masakan Nagoya ini. Jika Anda datang ke Nagoya, pastikan Anda datang ke 6 pilihan restoran hitsumabushi yang terkenal berikut!

1. Hitsumabushi Uya cabang stasiun Mei-eki

Restoran ini dibuka pada tahun 2016 di sebelah Timur pusat perbelanjaan Midland Square, yang langsung terhubung dengan stasiun Nagoya-eki. Belut yang digunakan di sini adalah hasil seleksi ketat belut-belut produksi dalam negeri dari seluruh Jepang yang dibiakkan di dalam lingkungan yang terbaik.

Pelanggan bisa memilih belut yang diiris tebal, besar, dan juicy atau belut dengan ukuran normal. Kelebihan bisa memilih belut ini karena isi menu yang menawarkan beragam hidangan.

Jadi, Anda bisa dengan bebas memilih sesuai kemampuan perut dan anggaran Anda. Di tengah-tengah aroma belut yang dibakar dengan arang, ada keserasian antara tare (saus dari kecap asin yang dicampur bahan-bahan lain) yang pekat dan sensasi kenyal beras dalam negeri.

Hidangan andalah adalah O-Hitsumabushi  seharga 3.410 yen. Menu nomor satu yang menyajikan dua ekor belut besar menjadi tiga bagian.

Selain Uya-Hitsumabushi (3.080 yen) ukuran normal, Anda juga bisa memilih menu untuk perempuan, yaitu Hime-Hitsumabushi (2.050 yen). Ada juga menu untuk keluarga, Uya-Oke, yang terdiri dari tiga pilihan, yaitu Matsu (untuk lima orang, 16.200 yen), Take (untuk empat orang, 12.960 yen), dan Ume (untuk tiga orang, 9.720 yen), dan pilihan yang mana pun akan mendapatkan kimosui (sup hati belut) dan u-maki (belut panggang dibalut telur dadar).

Informasi Tempat
Hitsumabushi Uya Mei-eki-ten (cabang stasiun Mei-eki)
Alamat : Aichi-ken, Nagoya-shi, Nakamura-ku, stasiun Mei-eki 4-4-16, Kani-ya Building lantai 1F
Akses : Lima menit jalan kaki dari stasiun Nagoya-eki jalur apapun
Buka : 11.30-15.00 (LO: 14.00), 17.00-21.30 (LO: 20.45) / Sabtu, Minggu, libur nasional 11.00-21.30 (LO: 20.45)
Tutup : tidak ada

Hitsumabushi Uya Yagoto Hon-ten (pusat)
Alamat : Aichi-ken Nagoya-shi Mizuho-ku Yatomi-cho Sakuraga-oka 6
Akses : Dua menit jalan kaki dari pintu keluar nomor 2 subway Sogo Rihabiri Center jalur Meijo-sen
Buka : 11.00-14.30 (LO: 14.00), 17.00-21.00 (LO: 20.30)
Tutup : tidak ada

2. Unatoyo

Unatoyo adalah restoran lama yang berdiri sejak tahun 1960 di Mizuho-ku, distrik tempat area pemukiman yang tenang dan dibangun berjejeran. Di Unatoyo, belut dibelah dengan cepat dan baru dibakar setelah pesanan diterima.

Dengan memperhatikan secara seksama hal-hal yang detail seperti ini, kelezatan asli belut dapat ditingkatkan. Tare (bumbu bakar) mereka dibuat menggunakan kecap asin Mikawa dan difermentasikan hingga bertahun-tahun lamanya, sehingga sangat kental dan lembut. Nasi yang baru saja ditanak juga kebanggaan dari Unatoyo, sehingga Anda dapat merasakan nasi yang selalu hangat.

Mabushidon
Mabushidon

Hidangan andalannya adalah Mabushidon (3.600 yen). Dengan volume satu ekor utuh belut produksi Mikawa Ishiki yang dibanggakan. Perpaduan harmonis belut dan hidangan tambahan, nukadzuke (sejenis asinan), yang dibuat dengan memfermentasikan sayuran di nukadoko (bekatul) selama beberapa tahun.

Kepala Unatoyo adalah orang yang antusias. Hal yang diperhatikan oleh sang pimpinan ini adalah agar tingkat kematangan belut selalu sempurna sehingga baik kelembutan dan harumnya dapat serasi. Warna belut bakar yang cantik dengan sedikit bagian gosong bekas pembakaran adalah hal yang memesona.

Informasi Tempat
Unatoyo
Alamat : Aichi-ken, Nagoya-shi, Mizuho-ku, Toyo-oka 3-40
Akses : Tiga  menit jalan kaki dari pintu keluar no. 3 stasiun subway Mizuho Undojo Nishi-eki
Buka : 11.00-14.00, 17.00-21.00 (LO: 20.30) / Minggu, libur nasional 11.00-15.00 (LO: 14:30), 16.30-21.00 (20:30)
Tutup : Senin (jika Senin libur nasional, restoran akan tutup di hari Selasa)

3. Hitsumabushi Nagoya Bincho cabang Dainagoya Building

Restoran ini menggunakan belut kualitas atas yang dipilih secara ketat dari seluruh Jepang. Setelah dibakar, tare dibuat meresap secara sempurna sampai ke dalam belut, membuat rasanya tercampur dengan merata.

Bahan tare merupakan paduan dari tamari (jenis kecap asin) produksi lokal dan rasa manis-asin dari mirin (sake manis untuk memasak), yang menghasilkan rasa favorit orang Nagoya. Anda dapat menikmati rasa selera orang Nagoya dengan nasi yang lembut dan tingkat kematangan yang pas.

Hitsumabushi
Hitsumabushi

Hidangan andalan yaitu Hitsumabushi (3.672 yen). Tanpa sadar Anda akan terpukau oleh belut bakarnya yang berkilau. Belutnya tentu saja harum, belum lagi keseimbangan antara tare dan nasi yang baru ditanak.

Restoran ini didirikan di pusat perbelanjaan Dainagoya Building, sebuah bangunan bersejarah yang direkonstruksi pada tahun 2016. Letaknya tepat berada di dekat stasiun Nagoya-eki. Tidakkah menyenangkan jika bisa memuaskan diri dengan belut yang baru saja dibakar dan nasi yang baru saja ditanak?

Informasi Tempat
Hitsumabushi Nagoya Bincho Dainagoya Birudingu-ten (cabang Dainagoya Building)
Alama t: Aichi-ken Nagoya-shi Nakamura-ku stasiun Mei-eki 3-28-12, Dainagoya Building lantai 3F
Akses : langsung terhubung dari stasiun Nagoya-eki jalur apapun
Buka : 11.00-15.30 (LO 15.00), 17.00-23.00 (LO 22.00)
Tutup : mengikuti hari libur Dainagoya Building

4. Miyakagi

Restoran Miyakagi berada di dekat Horikawa, lokasinya menembus pusat Nagoya ke arah Utara dan Selatan. Restoran ini merupakan restoran masakan Kashiwa (ayam bulu coklat) dan belut yang berdiri pada tahun 1899 (tahun 32 Meiji).

Miyakagi menggunakan belut hasil seleksi ketat yang dibakar dengan api yang pas sehingga menyisakan cukup lemak. Tare yang tradisional memiliki rasa manis-asin, pekat, dan cocok dengan cuaca Nagoya yang lembab.

Selain itu, yakumi (bumbu atau sayuran penyedap rasa) dari wasabi batang, daun bawang yang lunak, dan lain sebagiannya yang turut dihidangkan dan juga menarik perhatian.

Hitsumabushi
Hitsumabushi

Hidangan andalah yaitu Hitsumabushi (dengan yakumi, 3.700 yen). Dengan volume satu ekor utuh yang membuat kenyang dan sangat puas. Menu set hitsumabushi dengan kimosui dan u-maki (4.180 yen) juga populer.

Ruangan restoran yang bergaya Jepang membuat rasa hitsumabushi di sini menjadi lebih spesial. Sensasi daging belut yang lembut, harum bagian yang gosong bekas pembakaran, dan tare yang kental.

Informasi Tempat
Miyakagi
Alamat : Aichi-ken, Nagoya-shi, Nakamura-ku, Mei 1-2-13
Akses : Delapan menit jalan kaki dari pintu keluar no. 7 stasiun subway Fushimi-eki jalur Higashiyama-sen dan Tsurumai-sen
Buka : 11.30-14.00(LO), 17.00-21.40 (LO: 21.00)
Tutup : Sabtu (hari libur tidak pasti di waktu libur konsekutif)

5. Sumiyaki Unabushi

Sumiyaki Unabushi adalah restoran yang berada di dekat taman Tsurumai yang ramai dikunjungi pada musim semi sebagai tempat melakukan hanami (melihat bunga sakura). Di sini, belut biru berdaging tebal kualitas terbaik hasil seleksi ketat dibakar dengan banyak arang bincho (arang kualitas tinggi).

Bagian luar belut harum dan renyah, sedangkan bagian dalamnya lembut. Kelezatan ini meningkat karena tare yang kental dengan rasa yang ringan. Selain itu, perpaduannya dengan nasi dari beras produksi Nigata yang ditanak dengan lebih sedikit air pun luar biasa.

Kimoiri Jo-Hitsumabushi
Kimoiri Jo-Hitsumabushi

Hidangan andalan yaitu Kimoiri Jo-Hitsumabushi (hitsumabushi dengan topping hati belut) seharga 7.090 yen (*ada perubahan harga). Menu yang menyajikan tujuh hati belut yang hanya bisa diambil satu dari setiap ekor belut. Menu ini jumlahnya terbatas. Belut birunya berjumlah 1,5 ekor, sehingga kaya akan stamina.

Restoran ini sangat terkenal sampai-sampai antrean pengunjung kerap terbentuk bahkan sebelum restoran dibuka. Wangi spesial belut biru berlemak ukuran besar. Tambahan pula rasanya yang cocok dengan tare yang kental, membuat Anda rela mengantre supaya bisa merasakannya.

Informasi Tempat
Sumiyaki Unabushi
Alamat : Aichi-ken, Nagoya-shi, Showa-ku, Shiragane 1-1-4
Akses : 10 menit jalan kaki dari stasiun Tsurumai-eki jalur JR Chuo-sen atau subway jalur Tsurumai-sen
Buka : 11.00-14.00 (LO), 17.00-20.00 (LO)
Tutup : Rabu, juga Selasa pertama dan ketiga

6. Unagi no Shiromura

Unagi no Shiromura adalah restoran belut hidup yang mempersembahkan belut untuk bagian luar kuil Isejingu. Di sini, belut kualitas atas yang merupakan produksi Mikawa Ishiki.

Belut dibakar dengan gaya konashi-yaki, yaitu gaya pembakaran untuk menghilangkan lemak secukupnya. Tare memiliki rasa ringan dan dibuat dari wasanbon (gula kelas atas berwarna kuning pucat) dan mirin produksi prefektur Aichi. Saus tare membuat rasa belut semakin lezat.

Katsu-unagi Hitsumabushi Jo
Katsu-unagi Hitsumabushi Jo

Hindangan andalan yaitu Katsu-unagi Hitsumabushi Jo (4.730 yen). Dengan volume besar spesial yang menyajikan satu ekor belut hidup utuh. Rasanya yang kuat dan padat membuat Anda dapat dengan bebas menikmatinya dengan gaya chadzuke atau tamagokake-gohan (nasi yang atasnya diberi telur mentah).

Akses untuk ke Unagi no Shiromura mudah karena terletak dekat dengan distrik hiburan dan belanja di Nagoya. Untuk menu Jo-Hitsumabushi, selain yakumi, disajikan juga kuning telur yang membuatnya menjadi tamagokake-gohan (TKG) yang sangat mewah. Perpaduan harmonis kelembutan kuning telur dan unagi yang dibakar dengan tare kental. Anda pun pasti akan ketagihan.

Informasi Tempat
Unagi no Shiromura
Alamat : Aichi-ken, Nagoya-shi Higashi-ku 1-18-41
Akses : Lima menit jalan kaki dari pintu keluar no 1A/1B stasiun subway Hisaya-odori-eki jalur Meijo-sen dan Sakuradori-sen
Buka : 10.30-15.00 (LO: 14.00), 17.00-22.00 (LO: 21.00) /Minggu, libur nasional pagi sama dan malam 17.00-20.00 (LO: 19.00)
Tutup : tidak ada

Provided by Japan Walker™, Tokai Walker™ (23 April 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR