Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Ada "Ohayo Jepang" di Ennichisai 2018, Apa Menariknya?

Kompas.com - 1/Jul/2018, 16:27 WIB
Pengunjung di stan Ohayo Jepang yang berlokasi di festival Ennichisai 2018, Jakarta.
Pengunjung di stan Ohayo Jepang yang berlokasi di festival Ennichisai 2018, Jakarta.

KOMPAS.com - Ohayo Jepang hadir di festival budaya Jepang, Ennichisai 2018, yang berlokasi di Little Tokyo, kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Festival tahunan Ennichisai 2018 berlangsung pada 30 Juni - 1 Juli 2018.

Stan Ohayo Jepang sendiri berlokasi dekat Pop Culture Stage. Menariknya, stan didesain seperti kedai ramen asli Jepang. Interior kedai ramen otentik Jepang ini jarang ada di Indonesia. Hal ini menjadi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk merasakan suasana kedai ramen seakan-akan berada di Jepang.

“Suasanya yang kita bikin di sini seperti kedai ramen kecil Jepang, kita ingin mengajak pengunjung merasakan pengalaman mengunjungi kedai ramen otentik di Jepang,” tutur Olani Syamuti, Marketing Communication Kompas.com saat ditemui di stan "Ohayo Jepang" di acara Ennichisai 2018, di Jakarta, Sabtu (30/6/2018).

Pengunjung bisa menambah koleksi foto dengan berfoto di kedai ramen kecil yang Instagrammable ini. Dalam stan juga terdapat “Ohayo Jepang Photobooth” yang mengajak pengunjung untuk berfoto dan mengunduhnya ke Instagram dengan hashtag #OhayoJepang.

Foto yang telah di-upload bisa dicetak dengan bentuk polaroid di stan Ohayo Jepang. Hal ini bisa menjadi kenang-kenangan perjalanan Anda selama mengikuti Ennichisai 2018.

Saat masuk dalam stan Ohayo Jepang, pengunjung akan disambut oleh booth user yang menggunakan Happi (semacam jubah yang merupakan pakaian tradisional Jepang). Hal ini pun menambah suasana stan seakan berada di kedai ramen asli Jepang.

Dalam situs Ohayo Jepang itu sendiri, pembaca bisa menemukan berbagai hal terkait Jepang, mulai dari kuliner, tempat-tempat untuk berwisata, tips wisata, hingga informasi belanja seputar suvenir khas Jepang

Berbeda dengan situs web lainnya, artikel yang disajikan di Ohayo Jepang merupakan informasi otentik dan dikerjakan langsung dari Jepang. Walau begitu, artikel disajikan dengan ringan dan sesuai dengan minat pembaca Indonesia.

Stan Ohayo Jepang di Ennichisai 2018, Jakarta.
Stan Ohayo Jepang di Ennichisai 2018, Jakarta.

Peluncuran resmi Ohayo Jepang berlangsung di Ennichisai 2018 pada Minggu (1/7/2018) sore. Acara peluncuran tersebut dimeriahkan seremoni khas Jepang. Seremoni ini diramaikan dengan ketukan dan tarian Tambour tradisional Jepang. Kemudian acara dilanjutkan dengan upacara khas Jepang berupa Kagamiwari yang dibawakan Taiko Okinawa bersama Yosakoi.

Selain itu, ada pula kegiatan lainnya yang juga dihadirkan oleh Ohayo Jepang. Bertempat di panggung Chika Stage, ada sesi mengenai origami. Sesi ini akan bekerja sama dengan Komunitas Origami Indonesia dan berlangsung pada Minggu (1/7/2018) pukul 16.35 WIB. Selain itu, ada lomba origami yang bisa diikuti pengunjung.

Hadiah liburan di Jepang

Tak sekadar berfoto-foto, pengunjung yang datang ke stan Ohayo Jepang juga bisa berkesempatan mengikuti kuis. Hadiahnya tak tanggung-tanggung. Pengunjung bisa memenangkan 2 tiket ke Jepang (PP) dan menginap di Karaksa Hotel di Osaka, Jepang.

“Nanti kita akan mengajak pengunjung yang ingin mengikuti kuis menggunakan flyer Origami yang telah kami persiapkan” tutur Olani.

Di dalam origami yang dibagikan ke pengunjung terdapat barcode untuk mengunjungi situs ohayojepang.kompas.com. Ada panduan kuis di setiap artikel ohayojepang.kompas.com.

Selain kuis artikel, pengunjung juga bisa mengikuti kuis berhadiah lainnya. Kertas origami yang telah dibagikan bisa dikreasikan semenarik mungkin kemudian dibagikan ke Instagram dan jangan lupa untuk tag ke instagram @ohayo_jepang. Pemenang utama akan mendapatkan smartphone dan pemenang lainnya akan mendapatkan berbagai mainan ala Jepang.

Jika tak bisa berkunjung ke Ennichisai 2018, Anda tetap bisa mengikuti kuis berhadiah tiket pesawat ke Jepang termasuk menginap di hotel di Osaka. Hadiah berlaku untuk 1 (satu) orang pemenang. Pemenang berhak membawa 1 orang pasangannya.

Pemenang akan mendapatkan 2 (dua) pax tiket pesawat kelas ekonomi PP (pergi-pulang) Jakarta-Osaka dan menginap gratis di kamar tipe standard twin di hotel Karaksa Hotel Namba, Osaka (4 hari 3 malam, sudah termasuk sarapan). Syarat dan ketentuan berlaku.

Caranya mengikuti kuis mudah saja. Cukup menjawab pertanyaan-pertanyaan pada banner bawah ini.

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR