Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Liburan di Kinosaki “2 Hari 1 Malam”, Nikmati Pemandian Air Panas dan Nasi Kepiting

Kompas.com - 22/Feb/2019, 10:46 WIB
Sato no Yu yang tepat berada di depan stasiun
Sato no Yu yang tepat berada di depan stasiun

OhayoJepang - Kinosaki di Prefektur Hyogo adalah daerah pemandian air panas yang mewakili Kansai yang memiliki sejarah sekitar 1.300 tahun lebih. Meskipun pada awal musim panas, Anda wajib mencicipi kepiting yang menjadi produk terkenal di sini.

Hari pertama saatnya menikmati “Kani Tororo-don” (nasi ditumpangi kepiting dan parutan akar ubi-ubian). Lalu berjalan santai di kota pemandian air panas yang penuh dengan suasana wisata yang juga dicintai banyak ahli sastra terkemuka. Setelah makan malam di penginapan, lanjutkan dengan mengelilingi dengan santai tujuh pemandian air panas luar.

Hari kedua memuaskan diri dengan pemandangan dari Gunung Daishi-yama. Pulangnya memuaskan diri dengan nasi kepiting ekiben (bento yang dijual di stasiun) yang dijual di stasiun Kinosaki Onsen. Tidak salah jika itinerary (rencana perjalanan) ini akan  menjadi dua hari yang sangat memuaskan.

Sungai Otani-gawa yang mengalir di kota dan jejeran pohon dedalu adalah representasi dari Kinosaki
Sungai Otani-gawa yang mengalir di kota dan jejeran pohon dedalu adalah representasi dari Kinosaki

Dengan menyewa yukata, mari berjalan santai di jalan kecil yang elegan. Di kota pemandian air panas ini, ada lima ashiyu (kolam air panas untuk merendam kaki) yang bisa dinikmati secara gratis.

Distrik perbelanjaan sepanjang jalan stasiun
Distrik perbelanjaan sepanjang jalan stasiun

Di sini berjajar beberapa bangunan restoran yang menjual hasil laut segar atau restoran makan dan minum lainnya.

Hari 1: Jam 12.00
Tempat makan, Yamayoshi

Oshokuji-dokoro Yamayoshi sendiri sebenarnya adalah perusahaan perikanan yang dijalankan langsung oleh pemiliknya. Lokasinya di Pelabuhan Murasakiyama-kou di Kasumi. Oleh karena itu, kualitas kepiting dan hasil lautnya terjamin.

Masakan kepiting di restoran ini bisa dirasakan sepanjang tahu. Ada 15 jenis lebih hidangan berbahan kepiting. Hidangan wajib coba adalah “Kani Tororo-don” dengan topping kepiting snow crab, potongan-potongan daging kepiting Kasumi, tororo (parutan akar ubi-ubian), dan telur burung puyuh.

“Kani Tororo-Don” yang diberi banyak daging kepiting (1.300 yen)
“Kani Tororo-Don” yang diberi banyak daging kepiting (1.300 yen)

Rasakan dengan menambahkan tare (saus dari kecap asin dicampur bahan lain) buatan sendiri yang ditambahkan ponzu (campuran kecap asin dan sari jeruk).

Di dalam restoran selain kursi bermeja, terdapat lesehan yang bisa membuat nyaman dan yang lainnya juga
Di dalam restoran selain kursi bermeja, terdapat lesehan yang bisa membuat nyaman dan yang lainnya juga

Restoran ini lokasinya tepat di depan stasiun. Di lantai satu dijual bento seperti “Kanizushi (sushi kepiting)” seharga 880 yen dan hidangan lainnya.

Informasi Tempat:
Oshokuji-dokoro Yamayosh
Alamat: Hyogo-ken, Toyo Oka-shi, Kinosaki-cho, Yushima 96 SOZORO Building 2F
Akses: tepat di depan stasiun JR Kinosaki Onsen
Jam operasional: 09.00-17.00
Hari libur: tidak tentu
Jumlah kursi: 65 (dilarang merokok)

 

Hari 1: Jam 13.00
Toko ahli yukata Iroha

Yutaka Senmon-ten Iroha adalah toko yang menyewakan dan menjual yukata. Toko ini menawarkan kepraktisan bagi orang yang ingin berjalan santai di Kinosaki dengan yukata sebelum check-in penginapan atau sesudah check-out juga.

Anda bisa menyewa secara set dari yukata, obi, aksesoris pakaian Jepang dan lainnya. Selain itu, Anda akan dibantu pemakaian dan penataan set rambutnya.

Sewa yukata dari 2.160 yen~ untuk pengembalian hari itu juga
Sewa yukata dari 2.160 yen~ untuk pengembalian hari itu juga

Tidak hanya perempuan, Iroha juga menyewakan yukata untuk pria. Toko ini berada di sebelah pemandian air panas luar bernama Gosho no Yu. Jika menyukai yukata yang Anda sewa, Anda bisa membelinya begitu saja.

Informasi Tempat
Yukata Semon-ten Iroha
Alamat: Hyogo-ken, Toyo Oka-shi, Kinosaki-cho, Yushima 449
Akses: 11 menit jalan kaki dari stasiun JR Kinosaki Onsen
Jam operasional: 10.30-18.00, 20.00-22.00
Hari libur: Kamis (Kamis buka jika libur nasional)

 

Hari 1: Jam 15.00
Museum sastra Kinosaki, KINOBUN

Kinosaki Bungei-kan KINOBUN adalah museum yang menampilkan dokumen dari sastrawan yang memiliki hubungan dengan pemandian air panas Kinosaki. Harap diperhatikan bahwa sampai Minggu (31/3/2019), KINOBUN menjalankan proyek pameran “Sastra dan Teater dan Pemandian Air Panas Kinosaki. Pameran ini mengenai “Sejarah Naik Turunnya Sastra Jepang” yang membawa Hirata Oriza, ketua kelompok teater muda “Seinen-dan” di tulisan karya asli Takahashi Gen’ichiro ke atas panggung.

Pameran permanen di lantai 2
Pameran permanen di lantai 2

Para pengarang aliran shirakaba (salah satu aliran sastra Jepang) seperti Shiga Naoya dan yang lainnya memperkenalkan bagaimana mereka dipengaruhi oleh Kinosaki melalui buku atau surat.

Pameran permanen di lantai 2
Pameran permanen di lantai 2

Anda bisa menikmati instalasi gambar yang mengekspresikan suasana proyeksi anime  (film animasi) ke kertas naskah, perubahan novel ke panggung, dan proyeksi lainnya. Di luar museum juga terdapat ashiyu gratis.

Informasi Tempat
Kinosaki Bungei-kan KINOBUN

Alamat: Hyogo-ken, Toyo Oka-shi, Kinosaki-cho, Yushima 357-1
Akses: 6 menit jalan kaki dari stasiun JR Kinosaki Onsen
Jam operasional: 9.00-17.00
Hari libur: Rabu (Kamis yang libur jika Rabu libur nasional)
Tiket: dewasa 500 yen

 

Hari 1: Jam 16.00
Penginapan KOBAYASHIYA

KOBAYASHIYA adalah penginapan Jepang berserajah yang dibangun pertengahan zaman Edo. Bangunannya ini terdaftar di aset konkret budaya milik negara.

Terdapat 13 kamar untuk tamu seperti kamar yang dapat melihat sungai Otani-gawa  atau kamar yang menghadap ke arah kebun gaya Jepang. Penginapan ini dekat dari pemandian air panas luar Ichi no Yu yang representatif. Posisinya yang praktis untuk melakukan keliling pemandian air panas luar ini begitu menarik.

kamar yang menghadap sungai Otani-gawa
kamar yang menghadap sungai Otani-gawa

Untuk kamar yang menghadap sungai Otani-gawa, terdapat kamar spesial nomor 7 yang bisa memuat dua sampai enam orang. Ada pula tiga kamar yang bisa memuat dua sampai empat orang. Di ruangan dengan kehangatan pohon yang meluap, mari bersantai.

 

Penginapan
Penginapan

Penginapan ini merupakan bangunan kayu tiga lantai gaya Sukiya (satu gaya arsitektur Jepang yang mengadopsi ruang minum teh). Penginapan menghadap ke Sungai Otani-gawa.

Wi-Fi bisa digunakan dengan gratis di setiap kamar tamu sembari merasakan atmosfer retro dari kamar.

Shabu sapi dari sapi Tajima (tampak pada foto atas sebelah depan-kiri) dan piring berisi gunungan sashimi (depan-kanan pada gambar di atas) tersebut untuk dua orang.
Shabu sapi dari sapi Tajima (tampak pada foto atas sebelah depan-kiri) dan piring berisi gunungan sashimi (depan-kanan pada gambar di atas) tersebut untuk dua orang.

Untuk makan malam sampai awal bulan November 2018, Anda dapat menikmati set nampan berisi bahan-bahan makanan yang sedang musim. Harganya 21.600 yen per orang.

Shabu sapi dari sapi Tajima (tampak pada foto atas sebelah depan-kiri) dan piring berisi gunungan sashimi (depan-kanan pada gambar di atas) tersebut untuk dua orang. Makan malam dimulai dari jam 18.00 atau di antara 18.30. Memesan tambahan menu satuan dan menambahkannya ke masakan set juga tidak masalah.

Informasi Tempat
KOBAYASHIYA
Alamat: Hyogo-ken, Toyo Oka-shi, Kinosaki-cho, Yushima 369
Akses: 7 menit jalan kaki dari stasiun JR Kinosaki Onsen
Jam operasional: IN 15.00-18.00, OUT ~10.00
Hari libur: tidak ada
Biaya: 2 orang 1 ruang (termasuk 2 kali makan), 1 orang 12.960 yen

 

Hari 1: Jam 19.30
Pemandian air panas Ichi no Yu

Bangunan pemandian air panas luar Ichi no Yu, yang meniru teater kabuki gaya Momoyama, mewakili Kinosaki yang begitu berkesan. Nama pemandian “Ichi no Yu” (air panas satu) berawal dari tulisan karya Kagawa Shuutoku bertajuk “Ippondou Yakusen” yang menyebut pemandian ini sebagai “tenka ichi” (terbaik di dunia). Kagawa Shuutoku merupakan seorang dokter di zaman Edo.

Nama pemandian “Ichi no Yu” diambil dari kalimat “tenka ichi” (terbaik di dunia) yang ada dalam karya “Ippondou Yakusen”. Selain di pemandian umum besar yang luas, mari hilangkan rasa lelah sehari-hari di bak gua yang terbuat dari pahatan batuan fondasi.

Nama pemandian “Ichi no Yu” (air panas satu) berasal dari sebutannya sebagai “tenka ichi” (terbaik di dunia) dalam tulisan karya Kagawa Shuutoku bertajuk “Ippondou Yakusen”. Kagawa Shuutoku merupakan seorang dokter di zaman Edo.

Bak gua dari pahatan batu alam dengan kecantikan liar yang meluap
Bak gua dari pahatan batu alam dengan kecantikan liar yang meluap

Area pemandian berbentuk setengah terbuka, sehingga cocok untuk berendam lama. Ichi no Yu konon merupakan pengundang keberuntungan lebih baik dan hal baik lainnya. Selain itu, tujuh pemandian air panas luarnya masing-masing memliki keuntungan yang berbeda-beda.

Konon, jika berendam di ketujuh tempat ini bisa dikaruniai seluruh tujuh keberuntungan. Mari kita coba mengetes berapa yang bisa kita kelilingi. Namun, karena hari libur dan jam beroperasi masing-masing pemandian air panas luarnya berbeda-beda, sebaiknya periksa terlebih dahulu.

Ichi no Yu
Ichi no Yu

Malam hari dipenuhi dengan tamu menginap yang berjalan di sekeliling dengan membunyikan geta (sandal kayu tradisional) mereka. Pemandangan khas malam harinya juga indah.

Informasi Tempat
Ichi no Yu
Alamat: Hyogo-ken, Toyo Oka-shi, Kinosaki-cho, Yushima 415-1
Akses: 9 menit jalan kaki dari stasiun JR Kinosaki Onsen
Jam operasional: 7.00-23.00 (penerimaan tamu terakhir 22.30)
Hari libur: Rabu (Rabu buka jika libur nasional)
Biaya: 600 yen

 

Hari 1: Jam 21.00
Pusat hiburan, Taniguchiya

Pusat hiburan Tanguchiya Yuugijou masih sama seperti saat dibangun pada tahun 1954 (Showa 29). Anda bisa mendapatkan hadiah sesuai dengan jumlah target yang dijatuhkan pada permainan tembak. Permainan ini bisa dinikmati dengan tarif 200 yen untuk 10 peluru. Tidak salah jika akhirnya suasana menjadi memanas.

Pada akhir pekan terkadang terjadi antrean. Oleh karena itu, pengunjung disarankan untuk datang di atas jam 10 malam jika ingin menghindari keramaian.

Permainan tembak
Permainan tembak

Rahasia permainan tembak adalah mengulurkan lengan dengan baik, menyondongkan diri ke bawah sedikit, lalu tembak. Pusat hiburan ini berada di tepian jalan besar di antara Gosho no Yu dan Ichi no Yu.

Informasi Tempat
Taniguchiya Yuugijou
Alamat: Hyogo-ken, Toyo Oka-shi, Kinosaki-cho, Yushima 404
Akses: 10 menit jalan kaki dari stasiun JR Kinosaki Onsen
Jam operasional: 20.00-23.00
Hari libur: tidak tetap

 

Hari 2: Jam 10.30
Gondola Kinosaki Onsen 

Gondola Kinosaki Onsen Ropeway memiliki total panjang 676 meter. Gondola ini menghubungkan kota pemandian air panas Kinosaki sampai puncak gunung Daishi-yama yang memiliki ketinggian 231 meter dari permukaan air laut. 

Di puncak terdapat balkon untuk melihat pemandangan. Tanpa sadar Anda akan tersentuh oleh aliran Sungai Maruyama-gawa yang meluas di bawah mata dan pemandangan megah dari laut Jepang. Anda bebas turun di tengah-tengah perjalanan yaitu di stasiun sisi tengah. Bisa juga terus begitu saja pergi ke kuil Onsen-ji.

Gondola Kinosaki Onsen Ropeway
Gondola Kinosaki Onsen Ropeway

Sembari memandang Gunung Daishi-yama, alamnya, dan Kinosaki, Anda bisa memuaskan diri dengan sekitar tujuh menit perjalanan udara. Di stasiun dasar dijual juga oleh-oleh seperti kartu pos bergambar. Karena banyak lereng dan bukit, mari pergi ke sini dengan sepatu yang nyaman untuk berjalan.

Ke balkon pemandangan setelah sampai di stasiun puncak
Ke balkon pemandangan setelah sampai di stasiun puncak

Setelah sampai di stasiun puncak, pergilah ke balkon pemandangan. Anda bisa menikmati pemandangan sungai Maruyama-gama dan laut Jepang yang meluas sampai jauh sana tanpa terputus.

Informasi Tempat
Kinosaki Onsen Ropeway
Alamat: Hyogo-ken, Toyo Oka-shi, Kinosaki-chou, Yushima 806-1
Akses: 20 menit jalan kaki dari stasiun JR Kinosaki Onsen
Jam operasional: 9.10 (naik)-17.10 (turun)
Hari libur: Kamis ke-2 dan ke-4 (Kamis ke-2 dan ke-4 buka jika libur nasional)
Biaya: round trip puncak 900 yen

 

Hari 2: Jam 10.40
Kafe kopi Kinosaki berteras, Miharashi

Di kafe Kinosaki Kohi Miharashi Terrace Café, Anda dapat menikmati kopi spesial panggangan sendiri sembari menikmati pemandangan di teras atau di dalam kafe terbuka.

Kafe ini juga menawarkan hot dog yang menggunakan sapi Tajima dan babi Youka. Ada pula manisan seperti dango yang dibuat dengan bahan mentah bebas pestisida yang ditanam di kebun yang dijalankan sendiri oleh pemiliknya.

“Hon Warabi-mochi Pafe” (550 yen) atau parfait dengan mochi warabi
“Hon Warabi-mochi Pafe” (550 yen) atau parfait dengan mochi warabi

Mochi warabi dari tepung hon-warabi hasil seleksi ketat, yang dibuat dengan seksama oleh pekerja.

“Miharashi Dango” (450 yen)
“Miharashi Dango” (450 yen)

Dango menggunakan tepung beras bebas pestisida. Saus ringan berdasar kecap asinnya pun sempurna.

Kursi teras
Kursi teras

Anda juga bisa menikmati menu kafe di kursi teras atau ruang publik yang menempel dengan kafe. Bagian dalam kafe terbuat dari kayu. Kafe ini juga menjual camilan bakar yang terbaik dan yang lainnya untuk oleh-oleh.

Informasi Tempat
Kinosaki Kohi Miharashi Terrace Café
Alamat: Hyogo-ken, Toyo Oka-shi, Kinosaki-chou, Yushima 806-1
Akses: turun dari stasiun di puncak gunung Daishi-yama langsung ada
Jam operasional: 10.00-16.00
Hari libur: Kamis ke-2 dan ke-4 (Kamis ke-2 dan ke-4 buka jika libur nasional)
Jumlah kursi: 20 (dilarang merokok, ada kursi teras yang juga dilarang merokok)

 

Hari 2: Jam 12.00
Kuil Onsen-ji

Onsen-ji adalah kuil kuno yang dibuka kali pertama tahun 738 (zaman Tempyou 10) oleh Douchi Shounin. Douchi Shounin juga merupakan orang yang menemukan pemandian air panas Kinosaki. 

Bangunan utama kuil berupa bangunan kayu tertua di Tajima. Oleh karena itu, kuil ini ditunjuk menjadi aset konkret budaya yang sangat penting milik negara. Dari bulan April dan selama tiga tahun ke depan, diadakan pembukaan patung dari “Juuichimen Kan’on” yang disembah di kuil ini. Acara ini memang diadakan tiap 33 tahun.

Bangunan utama
Bangunan utama

Bangunan utama memiliki struktur atap pelana dan perisai. Dengan kesempatan ini Anda dapat melihat dewa berharga yang disembah di kuil ini.

Melempar piring tembikar
Melempar piring tembikar

Anda bisa melempar piring tembikar. Konon, jika melempar piring kecil di puncak gunung akan menjadi pengusir kesialan. Piring tembikar kecil bisa dibeli di Kinosaki Kohi Miharashi Terrace Café. Harga tiga piring adalah 250 yen.

Informasi Tempat
Onsen-ji
Alamat: Hyogo-ken, Toyo Oka-shi, Kinosaki-chou, Yushima 985-2
Akses: puncak Dashi-yama
Jam operasional: 9.00-16.30
Hari libur: Kamis ke-2 dan ke-4 (bisa melihat jika Kamis ke-2 dan ke-4 libur nasional)
Biaya: 400 yen

 

Hari 2: Jam 14.00
Jalan utama untuk oleh-oleh, Tajima-Tango Ii-mono Shop

Tajima-Tango Ii-mono Shop adalah toko di luar gerbang tiket stasiun yang menjual produk spesial mulai dari Toyo-oka, lalu Tajima, dan Tango. Di dalam toko, berjejer aneka barang terbaik untuk oleh-oleh. Sebut saja seperti manisan, sake, bumbu masak, dan kerajinan tangan ini, dijual juga ekiben. Anda bisa membeli beberapa jenis ekiben, dimulai dari nasi kepiting yang merupakan produk ternama Kinosaki.

“Kinosaki Meibutsu Kani-meshi” (1.200 yen)
“Kinosaki Meibutsu Kani-meshi” (1.200 yen)

“Kinosaki Meibutsu Kani-meshi” (1.200 yen) merupakan nasi kepiting dan produk ternama Kinosaki. Di atas nasi yang dicampur dengan kepiting miso (bumbu dari fermentasi kedelai dan beras) dan rumput laut, ditumpangkan potongan-potongan daging kepiting, kaki kepiting, dan rumput laut secara penuh. Benar-benar bento kepiting yang memuaskan. Nasi yang harum dan daging kepiting dengan kelezatan yang padat tidak tertahankan.

“Acchicchi Kinosaki Meibutsu Kanimeshi to Sukiyaki Bento” (1.200 yen)
“Acchicchi Kinosaki Meibutsu Kanimeshi to Sukiyaki Bento” (1.200 yen)

 “Acchicchi Kinosaki Meibutsu Kanimeshi to Sukiyaki Bento” seharga 1.200 yen merupakan bento nasi kepiting yang merupakan sukiyaki dan produk ternama Kinosaki. Hidangan ini adalah masakan mewah yang membuat Anda bisa menikmati nasi kepiting yang berisi potongan-potongan daging kepiting dan kerang bakar dengan sukiyaki sapi yang kuat secara bersamaan. Dengan gaya dipanaskan, Anda bisa menikmatinya selagi mengepul.

Informasi Tempat
Omiyage Kaidou “Tajima-Tango Ii-mono Shop
Alamat: Hyogo-ken, Toyo Oka-shi, Kinosaki-chou, Imadzu Ji Hieda 283-1
Akses: di stasiun JR Kinosaki Onsen
Jam operasional: 9.00-18.50
Hari libur: tidak ada

Provided by Japan Walker™, Kansai Walker™ (4 Juni 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR