Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Oleh-oleh Unik dari Jepang, Bumbu Masakan yang Cocok untuk Si Tukang Masak

Kompas.com - 4/Feb/2019, 13:04 WIB
Produk “Hayama Shirasu to Olive Oil no Taberu Shonan Ra-yu” dari Hotokoya
Produk “Hayama Shirasu to Olive Oil no Taberu Shonan Ra-yu” dari Hotokoya

OhayoJepang - Kami akan memperkenalkan bumbu masakan yang akan menambah kenikmatan hanya dengan mencampurnya sedikit ke dalam masakan. Bumbu yang cocok untuk dibawa saat kumpul dengan sesama ibu rumah tangga ataupun home party.  

Bumbu masak ini pun bisa jadi alternatif oleh-oleh dari Jepang untuk teman dan kerabat yang tukang masak alias senang atau hobi memasak. Dengan memakai bumbu yang dibuat dengan cara dan bahan yang istimewa ini, rasa nikmat masakan jadi meningkat dari biasanya.

Selai yang memanfaatkan rasa asli bahan

Pemilik toko terkenal di Jepang “MAISON BON GÔUT”, patisserie Yukiko Ito, memiliki keinginan untuk menyampaikan hubungan antara daya tarik bahan masakan dari dalam dan luar negeri dengan produsen bahan tersebut melalui kue. Dengan menggunakan pengalamannya saat belajar di toko terkenal di Perancis, pemilik toko membuat produk andalan berupa confiture (selai dalam Bahasa Perancis) dengan variasi sekitar 30 jenis. Produk yang ditawarkan akan berubah sesuai dengan musim dan bahan yang didapat.

Confiture “MAISON BON GÔUT”.
Confiture “MAISON BON GÔUT”.

Terdapat produk “Fraiser Poivre Noire Menthe Frais” dan “Shunpo Citrus”, yang masing-masing dijual dengan harga 972 yen. Ada pula “Caramel Bretagne” seharga 950 yen.

Produk “Fraiser Poivre Noire Menthe Frais” seharga 972 yen dibuat dengan menggunakan stroberi Nyoho produksi Kagawa dan daun mint segar yang dipetik dengan hati-hati, ditambahkan dengan lada hitam “Sarawak” dari Madagaskar. Memiliki rasa yang fruity dan segar, dengan sedikit aroma rempah.

Lalu, produk “Shunpo Citrus” seharga 972 yen dibuat dengan menggunakan jeruk Shunpo produksi Wakayama yang langka dan belum dijual di luar prefektur. Jeruk ini merupakan hasil perkawinan silang antara jeruk suisou buntan (sejenis jeruk bali) dengan jeruk Kiyomi.

Selain buah-buahan ada juga “Caramel Bretagne”  seharga 950 yen. Confiture ini merupakan rebusan dari campuran mentega fermentasi ke karamel yang sedikit pahit, juga garam  guerande (garam alami yang berasal dari Guerande, Perancis ), vanila dan bahan lainnya.

Produk ini tidak hanya cocok dimakan dengan roti tetapi juga enak untuk dimakan dengan es krim vanila.

Informasi Tempat
MAISON BON GÔUT
Alamat: 1-3-1 Matsugaoka, Chigasaki-shi, Prefektur Kanagawa
Akses: Sekitar lima menit dengan bus tujuan Tsujido-eki Minami-guchi dari stasiun JR Chigasaki pintu Selatan,  turun di halte bus Higashi kaigan kita Gochome lalu jalan kaki 1 menit
Jam operasional: 10:00-19 00, hari Minggu sampai pukul 18:00
Tutup: Senin, kadang libur tidak tentu

 

Bumbu asli yang bahan baku lokal sebagai bahan utama

Nippon umai merupakan perusahaan yang membuat bumbu otentik yang tidak menggunakan pengawet dan menggunakan bahan dasar buah produksi prefektur Kanagawa seperti lemon Odawara, jeruk Shonan Gold, dan banyak lagi. Spicy salt yang menggunakan garam danau alami dari Argentina, Ponzu (bumbu Jepang dari perasan Jeruk) yang menggunakan ekstrak buah alami, dan juga produk lainnya yang bisa meningkatkan rasa masakan.

Produk “Shonan Ponzu Shonan Gold and Lemon”, “Shonan Gold Salt”, “Odawara Lemon Salt”, “Ashigara Tea Salt”
Produk “Shonan Ponzu Shonan Gold and Lemon”, “Shonan Gold Salt”, “Odawara Lemon Salt”, “Ashigara Tea Salt”

Produk “Shonan Ponzu Shonan Gold and Lemon” (seharga 870 yen) yang dikeluarkan tahun ini merupakan produk terbatas yang dijual di “Kamakura-ya DA SEA YA”. Selain itu, ada juga produk “Shonan Gold Salt”, “Odawara Lemon Salt”, “Ashigara Tea Salt” yang masing-masing dijual dengan harga 760 yen.

Tempat Penjualan Produk
“Kamakuraya DA SEA YA”
Alamat: i-ZA Kamakura 1F, 1-6-15 Komachi, Kamakura-shi, Prefektur Kanagawa

“Kanagawaya”
Alamat: Sogo Yokohama B2, 2-18-1 Takashima Nishi-ku, Yokohama, Kanagawa

 

Minyak ra-yu dengan ikan teri Shonan yang banyak!

“Hatokoya” merupakan toko yang menjual daging babi Shonan, “Shonan Gyoza” berupa dumpling orisinal yang dibuat dengan menggunakan sayuran lokal, juga produk lainnya. Produk lainnya yang populer adalah minyak ra-yu (sejenis minyak cabai yang dibuat dengan menambahkan cabe dan berbagai bumbu ke dalam minyak panas. Minyak ini digunakan untuk menambahkan rasa pedas pada makanan) spesial.

Minyak ini dibuat dengan menggunakan ikan teri segar produksi Hayama di Shonan dan minyak zaitun dari Spanyol. Hasilnya, tidak hanya cocok dimakan dengan nasi dan roti, tetapi juga cocok dimakan dengan daging dan ikan.     

Produk “Hayama Shirasu to Olive Oil no Taberu Shonan Ra-yu” dari Hotokoya
Produk “Hayama Shirasu to Olive Oil no Taberu Shonan Ra-yu” dari Hotokoya

Produk “Hayama Shirasu to Olive Oil no Taberu Shonan Ra-yu” dari Hotokoya ini dijual dengan harga 648 yen untuk botol ukuran 50 gram, 1.026 yen untuk botol berukuran 90 gram. Rasa pedas yang sedikit menyengat merupakan aksen rasa produk ini.

Tempat Penjualan Produk
“Toko Suzukiya Zushi Ekimae”
Alamat: 1-4-1 Zushi, Zushi-shi, Prefektur Kanagawa

“HAYAMA STATION”
Alamat: 1583-17 Nagae, Hayama-cho, Miura-gun, Prefektur Kanagawa

Ayo berikan oleh-oleh bumbu yang berguna dan bisa digunakan setiap hari.

Provided by Japan Walker™, Yokohama  Walker™ (4 December 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR