Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Anda Pencinta Kroket? Wajib Datang ke Osaka!

Kompas.com - 16/Dec/2018, 09:13 WIB
Kroket di jepang.
Kroket di jepang.

OhayoJepang - Salah satu pusat perbelanjaan terkenal di Jepang yakni Hankyu, yang berlokasi di Umeda, Osaka, bekerja sama dengan Calbee membuka toko khusus kroket pada April 2017.

Dengan tujuan "ingin menjual kroket yang paling enak di Jepang", Hankyu meminta Calbee Inc, perusahaan penghasil makanan ringan di Jepang, untuk membuat kroket yang dijajakan di lantai khusus lauk-pauk (basement 1).

Pada stan penjualan yang diberi nama Calbee Potato ini, mereka menyediakan kroket dalam ukuran kecil snack croquette dan calbee potato croquette dimana Anda bisa menikmati manisnya rasa asli kentang.

Satu kemasan snack croquette terdiri dari delapan buah kroket yang dijual seharga 390 Yen. Rasakan berbagai rasa snack Calbee seperti keripik kentang dan Jyagariko yang terkenal renyah dan lembut, dalam bentuk kroket kecil berukuran satu gigitan saja.

Kroket ini menggunakan kentang Hokkaido berkualitas tinggi, Toyoshiro, yang dihancurkan dan dipotong kotak sehingga menghasilkan tekstur yang renyah dan lembut. Berikut adalah beberapa varian rasanya.

Konsome Panchi memadukan kelezatan daging dan manisnya sayuran. Menariknya, walaupun rasanya gurih, kroket ini tidak membuat kita cepat bosan.

Takoyaki Fumi adalah representasi dari makanan khas Kansai (wilayah barat Jepang). Kroket ini disajikan dengan menambahkan saus takoyaki yang kental dan mayones, serta acar jahe merah sebagai pelengkap.

Kroket di Jepang
Kroket di Jepang

Nori-shio Aji, sesuai dengan namanya, kroket ini mempunyai rasa rumput laut dengan sedikit rasa asin. Minyak wijen panggang dan bubuk cabai adalah bahan rahasia yang menambah kelezatan kentang.

Pizza Potato Aji dengan rasa gurih mengadaptasi keripik kentang yang banyak digemari sejak lama, Pizza Potato. Campuran rasanya terdiri dari keju, tomat, dan berbagai rempah lainnya.

Kansai Dashi Shoyu Aji mengedepankan rasa khas Kansai yang mewah dengan mengambil aroma ikan cakalang dan kombu (rumput laut Jepang untuk membuat kaldu).

Sementara itu, Hokkaido Jagaimo Croquette adalah kroket berbentuk oval yang menggunakan kentang Hokkaido berkualitas baik, Hokkaido Kogane, yang difermentasi melalui proses aging untuk menambah kelezatan dan manis alaminya.

Tepung roti yang digunakan juga spesial. Pertama, roti dibuat terlebih dahulu dengan menggunakan tepung terigu yang juga berasal dari Hokkaido.

Setelah dipanggang, roti kemudian dihancurkan menjadi remah-remah. Remah roti hanya boleh digunakan di hari pembuatannya. Oleh karena itu, lapisan luar kroket terasa begitu lembut dan renyah.

Berikut beberapa varian Calbee Potato Croquette:

Kalbi Potato Croquette Plain seharga 120 yen. Kroket yang hanya dibumbui dengan kaldu khas Jepang ini menambah kelezatan asli dari kentang.

Kroket di Jepang
Kroket di Jepang

Calbee Potato Croquette Hokkaido Butter seharga 150 yen. Kentang lembut ini dicampurkan lelehan butter yang telah difermentasi.

Bila berwisata ke Osaka, yuk coba kroket yang terbuat dari kentang buatan sang ahli. Gerai ini berlokasi di Hankyu Umeda Departement Store, B1 dengan jam operasional: Minggu-Kamis 10:00-20:00; Jumat-Sabtu 10:00-21:00.

Provided by Japan Walker™, Kansai Walker™ (3 April 2017)

Japanese 101
1. Jyagariko: Snack kentang berbentuk stik yang dikemas dalam gelas
2. Konsome Panchi: Konsome adalah sejenis kaldu, panchi adalah kata serapan dari bahasa Inggris punch yang berarti pukul
3. Nori-shio: Nori adalah rumput laut Jepang, shio adalah garam
4. Aji: Artinya rasa dalam bahasa Jepang
5. Kansai Dashi Shoyu: Kansai adalah wilayah barat Jepang (seperti Osaka, Kyoto, dll), dashi adalah kaldu, dan shoyu adalah kecap asli asal Jepang

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR