Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Menikmati Keindahan Musim Semi di Kuil Bunga Sakura Kyoto

Kompas.com - 2/Apr/2023, 21:41 WIB
Kuil Bunga Sakura atau Kuil Kurumazaki di Kyoto
Lihat Foto
Kuil Bunga Sakura atau Kuil Kurumazaki di Kyoto

OhayoJepang - Salah satu spot terbaik untuk melihat keindahan bunga sakura ada di Kyoto. Tepatnya di Kuil Kurumazaki di Ukyo-ku.

Sesuai julukannya sebagai Kuil Bunga Sakura, tempat ini memang memiliki banyak sekali bunga sakura. Saat musim semi tiba, bunga-bunga itu mulai bermekaran.

Lokasinya tak jauh dari Stasiun Kurumazaki-jinja di Jalur Randen Arashiyama.

Kuil ini dibangun untuk memperingati seorang Kiyohara no Yorinari, sarjana Konfusianisme pada akhir periode Heian (794–1185) yang dikenal karena pengetahuan dan kecerdasan politiknya.

Baca juga: Menikmati Sakura sambil Mencicipi Es Krim Unik di Kintaikyo Bridge

Setelah kematiannya, banyak pohon sakura yang sangat dia sukai, ditanam di lahan tempat mausoleumnya didirikan.

Lahan tersebut sejak saat itu telah diserahkan ke kuil Shinto, yang dengan senang hati dianggap sebagai "Kuil Bunga Sakura" sejak didirikan.

Akan tetapi, kuil tersebut mendapatkan namanya yang sekarang lewat suatu peristiwa, yakni ketika gerobak sapi yang mengangkut Kaisar Gosaga (1220–72) ke Gunung Arashi dihentikan di depan kuil karena jalur seretnya putus.

Terdapat 40 pohon sakura dari sekitar 15 varietas yang ditanam di pekarangan kuil saat ini.

Pohon sakura Kawazu mencapai waktu pandang optimalnya pada awal Maret, dan Yoshino serta pohon sakura lainnya juga mekar sekitar waktu ini, diikuti oleh pohon nioi-zakura, yang dengan keharumannya yang khas, mekar penuh pada akhir April.

Baca juga: Istana Kekaisaran Dibuka untuk Masyarakat Melihat Bunga Sakura

Meskipun dikenal sebagai tempat di mana bunga sakura dapat dilihat lebih lama daripada tempat lain, jumlah pengunjung mencapai puncaknya pada akhir Maret, yakni saat mekarnya Keisen-zakura.

Halaman:
Editor : Dinia Adrianjara

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.